via Android Authority

Ponsel zaman kini dilengkapi dengan banyak fitur unik dan menarik, salah satu yang lagi hits adalah penggunaan refresh rate layar di smartphone, baik itu yang 60Hz, 90Hz, 120Hz atau bahkan yang terbaru hingga 144Hz.

Tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan refresh rate layar dan apa juga manfaatnya untukmu? Berikut ini adalah pembahasan singkatnya!

Jadi, apa itu refresh rate?

Pada dasarnya, layar yang ditampilkan pada ponsel kamu tidaklah statis (kecuali dalam keadaan mati), sebenarnya selalu ada perubahan baik itu berupa konten ataupun jika nantinya ada semacara interaksi (pergerakan), dan setiap pixel di layar ponsel kamu memiliki tugas untuk memperbarui hal tersebut. Nah, hal inilah yang disebut sebagai refresh rate.

via Android Authority

Refresh rate ini mengukur seberapa cepat ponsel kamu menampilkan perubahan pada layar ponsel kamu. Ada yang 60Hz atau 60 kali per-detik, 90Hz atau 90 kali per-detik dan juga 120Hz atau 120 kali per-detik. Semakin cepat update yang diberikan, maka itu pertanda kamu akan mendapatkan latensi yang jauh rendah karena pixel lebih sering disegarkan.

Jadi, apa kelebihan dari layar dengan refresh rate 60Hz, 90Hz, dan lain-lain?

Seperti yang sudah DroidPoin singgung tadi, semakin cepat refresh rate yang kamu terima, maka kamu akan mendapatkan latensi yang jauh lebih rendah dan itu pertanda bahwa konten dan berbagai gerakan (interaksi) yang ada di layar ponsel kamu bakal jadi jauh lebih mulus. Nah, khusus untuk gaming, maka kamu akan mendapatkan respon yang jauh lebih baik karena latensi yang lebih rendah, plus gameplay yang jauh lebih halus.

Namun, game dengan frame rate yang tinggi membutuhkan prosesor yang tangguh dan pastinya akan menguras baterai kamu. Hal tersebut untuk memastikan bahwa laju grafis mengikuti laju penyegaran tampilan tinggi yang sudah kamu atur.

Jadi, perlukan memiliki ponsel dengan refresh rate tinggi?

Tampaknya masih belum perlu (cukup fokus pada ponsel yang memiliki layar dengan ketajaman oke, koreksi (profil) warna yang sesuai, serta memiliki kecerahan yang baik agar bisa terlihat dengan jelas di bawah terik matahari). Pasalnya, fitur tersebut cuma berdampak kecil dalam penggunaan keseharian, terlebih lagi fitur ini akan membuat konsumsi baterai kamu meningkat.

Beda halnya jika kamu adalah seorang yang fokus dalam dunia game, maka refresh rate layar sangat diperlukan agar bisa bergerak dengan leluasa dibarengi dengan kontrol yang oke serta refleks yang jauh lebih baik.

Itulah penjelasan singkat mengenai refresh rate, semoga bermanfaat. 😁

  5 Gadget Favorit Bulan Ini, Mulai dari 290 Ribuan!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.