Seperti yang kamu ketahui, fitur Live Caption sebelumnya hanya tersedia secara eksklusif di perangkat Pixel 4. Hal ini dikarenakan adanya semacam batasan yang belum bisa dipecahkan oleh Google pada saat itu, batasan tersebut berupa kekuatan komputasi dalam menerapkan caption secara real time.

Tapi, mulai beberapa hari lalu (tanpa saya sadari), fitur tersebut nyatanya sudah tersedia di perangkat Pixel lawas loh! Kalau gak percaya, kamu bisa pergi ke Setttings > Accessibility > Live Caption, terus kamu tinggal ubah tombol Live Caption menjadi aktif untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Sebagai tambahan informasi untukmu, Live Caption merupakan sebuah fitur yang akan menampilkan semacam caption (subtitle) dari berbagai media yang menampilkan suara entah itu video, podcast dan semacamnya. Tujuannya sangatlah jelas, tentu saja agar sang penonton dapat lebih mudah memahami apa yang diucapkan oleh sumber suara karena terkadang ada beberapa kata yang mirip dan sulit dibedakan.

Fitur ini tidak memerlukan koneksi internet loh, karena kamu hanya memerlukan semaca data (Live Caption) berukuran 80MB pada internal kamu dan kamu langsung bisa mengatifkannya ketika audio pada video, podcast, dan berbagai hal lainnya dimulai, termasuk video call! Sangat keren bukan?

Jadi gimana, apakah perangkat Pixel kamu udah kebagian? Sampaikan langsung di kolom komentar.

  5 Gadget Favorit Bulan Ini, Mulai dari 290 Ribuan!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.