Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada awal tahun ini kita langsung mendapatkan sebuah kabar yang kurang baik, dimana salah satu OEM Android yakni Essential dipastikan tutup buku atau sudah tak lagi beroperasi.

Nah, hari ini salah satu pekerja senior di Essential sejak tahun 2017 yakni Kevin Hoffman yang mana sekaligus menjadi salah satu juru desain dari ponsel tersebut, mengungkapkan beberapa hal menarik. Yang pertama adalah desain dari ponsel Essential yang batal dirilis dan satunya lagi adalah alasan kenapa ponsel tersebut tak jadi dirilis.

Pertama, kita lihat dulu desain dari Essenntial PH-2 yang mana seharusnya menjadi ponsel kedua dari Essential. Ponsel Essential generasi kedua mengusung desain yang kurang lebih sama seperti generasi pertama dan menurut penuturan dari Kevin Hoffman, ponsel tersebut sudah mereka kembangkan sejak bulan Oktober 2017 hingga Februari 2018. Berikut ini adalah perangkat yang DroidPoin maksud:

Lalu yang selanjutnya adalah ponsel Essential PH-3 atau merupakan ponsel Essential generasi ke-3. Ponsel ini punya desain seperti ponsel masa kini, dimana menggunakan modul kamera berbentuk kotak seperti iPhone 11 dan juga Pixel generasi 4. Berikut adalah detail lengkapnya:

Selain kedua ponsel di atas, masih ada juga Essential GEM yang mana merupakan ponsel dengan konsep seperti remote. Berikut ini adalah rendernya:

Oke, itu tadi semua desain dari ponsel Essential yang batal dirilis. Lalu, apa alasan kenapa semua ponsel tersebut batal?

Untuk Essential PH-2, alasannya sangat simpel. Karena Andy Rubin tak menyukai perangkat tersebut. Menurut Kevin Hoffman, Andy Rubin lebih memilih untuk fokus pada lini produk Essential Home yang tampaknya adalah sebuah smart speaker dan lain-lain, namun sayangnya perangkat tersebut juga tak kunjung dirilis.

Lalu untuk Essential PH-3 dan Essential GEM, kabarnya masalah utama kedua perangkat tersebut ada di budget. Dengan biaya produksi yang terbatas, maka Essential PH-3 dan Essential GEM cuma akan jadi ponsel entry-level.

via 9to5Google

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.