via Samsung

Setelah lebih dahulu diluncurkan di Jepang, Samsung resmi merilis smartphone Galaxy A41 untuk pasaran internasional. Smartphone ini ternyata beberapa perbedaan dengan versi Jepang. Apa saja itu?

Desain frame kamera berbeda, hardware masih sama

Perbedaan yang paling mencolok adalah pada desain kameranya. Jika di Galaxy A41 versi Jepang kameranya disejajarkan secara vertikal, maka di versi global ini kameranya mengikuti smartphone Galaxy A lainnya yang berbentuk kotak persegi.

Baca juga:

Namun smartphone ini masih memiliki desain bodi belakang dengan pola prisma, seperti yang juga dipakai Galaxy A41 versi Jepang. Warna yang ditawarkan Samsung ada biru, hitam, dan putih.

via Samsung

Dari segi spesifikasinya masih sama dengan Galaxy A41 yang dijual di Jepang. Galaxy A41 dibekali layar Super AMOLED sebesar 6.1 inch bersolusi Full HD+. Smartphone ini ditenagai prosesor octa-core yang belum diketahui chipsetnya, dengan kecepatan hingga 2GHz. Tampaknya tidak jauh pula dengan Galaxy A41 yang dirilis di Jepang, yang memakai MediaTek Helio P65.

Kemudian smartphone ini memiliki RAM sebesar 4GB, dan memori internal berkapasitas 64GB. Slot microSD juga masih disediakan Samsung.

Tiga kamera belakang, minus tahan air

Smartphone ini juga masih mempunyai tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48MP dan aperture f/2.0, lalu lensa wide-angle beresolusi 8MP beraperture f/2.2, dan depth sensor 5MP dengan aperture f/2.4.

Kemudian ada lampu LED flash di smartphone ini. Buat yang ingin selfie, disediakan pula kamera depan beresolusi 25MP di Galaxy A41, yang ditambah pula dengan fitur AR stickers.

via Samsung

Galaxy A41 versi global masih mempunyai koneksi NFC dan pemindai sidik jari di layar atau in-display fingerprint. Namun di versi global ini tak mampu diajak berenang layaknya Galaxy A41 versi Jepang, karena tak memiliki sertifikat proteksi IP68.

Smartphone ini menjalankan OS Android 10 yang sudah dipoles dengan One UI 2.0. Kapasitas baterainya sebesar 3500 mAh, dan mendukung pengisian cepat 15W.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A41

Harga299 Euro (sekitar Rp 5 jutaan)
Sistem OperasiAndroid 10, One UI 2.0
Dimensi149,9 x 69,8 x 7,9 mm
Berat152 gram
LayarSuper AMOLED 6.1 inch, resolusi Full HD+, ratio 20:9, Infinity-U
ProsesorOcta-core (Dual-core 2.0GHz + Hexa-core 1.7GHz), MediaTek Helio P65
GPUMali-G52
RAM4GB
Memori Internal64GB
MicroSDYa, hingga 512GB
Kamera BelakangTriple camera:
– Utama: 48MP, aperture f/2.0
– Ultra-wide: 8MP, FoV 123°, aperture f/2.2
– Depth: 5MP, aperture f/2.4

Autofocus, LED flash, video Full HD
Kamera Depan25MP, aperture f/2.0
Fitur KameraHDR, Timer, Portrait mode, Panorama, Geo-tagging, scene optimizer, Intelligent Flaw Detector, Live Focus, AR Stickers
Koneksi4G LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, USB-C, GPS, A-GPS, GLONASS, ANT+
SensorAccelerometer, Proximity sensor, Ambient light, Gyroscope, Magnetometer, In-display fingerprint
Fitur LainFace Unlock
SIMDual SIM (triple slot)
Baterai3500 mAh, fast charging 15W
Pilihan WarnaHitam, Putih, Biru

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.