via GSMArena

Kalau kita ngomongin tentang chipset, mungkin kalian udah pada tahu jika Qualcomm dan MediaTek selalu menjadi vendor yang berada diurutan pertama dan kedua, bahkan kedua sudah jadi rival sejak lama. Kalau di ranah PC, Qualcomm dan MediaTek ini bagikan Intel dan AMD, yang persaingannya kian hari kian ketat.

Yang paling menarik itu justru ada di posisi ketiga, dimana ternyata posisi Apple berhasil direbut oleh Samsung dengan selisih yang beda tipis yakni cuma 1%, hal ini mungkin saja dikarenakan banyak ponsel Samsung yang terjual selamat beberapa tahun kebelakang serta mulai digunakannya chipset Samsung oleh beberapa OEM smartphone seperti vivo contohnya.

Lalu melengkapi posisi 5 besar ada chipset milik Huawei yakni HiSilicon Kirin yang pada akhirnya berhasil tembus ke angka 11% dan sebagai catatan untukmu, selama setahun kebelakang (dari 2018 ke 2019) ini cuma chipset milik Samsung (Exynos) dan Huawei (Kirin) saja yang mendapati peningkatan, sedangkan sisanya berada dalam trend negatif. Berikut ini adalah detailnya:

via Counterpoint

Karena sebentar lagi kita akan segera memasuki era 5G, maka menarik untuk ditunggu bagaimana inovasi dari berbagai vendor chipset pada daftar di atas. Apakah Qualcomm masih akan tetap berjaya ataukah MediaTek mulai memangkas jarak diantara keduanya, atau justru ada kejutan dari pihak ketiga? So, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via Counterpoint Research

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.