via The Next Web

Sudah cukup lama (sekitar 18 bulan) game Fortnite bisa kamu mainkan di platform mobile, baik itu di iOS ataupun Android. Namun sayangnya, game tersebut tidak tersedia secara resmi di Play Store dikarenakan masalah finansial yang agak rumit. (Baca: CEO Epic Games Pastikan Fortnite Absen dari Google Play Store)

Bahkan CEO dari Epic Games mengomentari hal tersebut dan menyebutkan bahwa Android adalah sebuah open paltform sama seperti PC (Windows) dan Mac, maka dari itu potongan 30% untuk setiap pembelian merupakan sesuatu yang tidak proporsional untuk layanan yang ditawarkan kepada pengembang dan hasil 70% yang mereka (pengembang) dapatkan nantinya belum tentu akan mencukupi biaya pengembangan, pengoperasian dan mendukung permainan mereka secara memadai.

Namun, ada sebuah kejutan tak terduga dari Epic Games, dimana pada awal minggu ini mereka akhirnya resmi merilis game andalannya tersebut di Play Store! Yups, kamu gak salah denger, kini Fortnite sudah resmi tersedia di Play Store, kalau kamu tak percaya kamu bisa cek ketersediaan dari game tersebut menggunakan link berikut atau kamu bisa buka Play Store dan cari Fortnite dari perangkat Android kesayanganmu.

Epic Games menjelaskan:

Google menempatkan perangkat lunak yang diunduh dari luar Play Store dalam posisi yang tidak menguntungkan, seperti keamanan (dalam bentu notifikasi berulang) untuk perangkat lunak yang diunduh dan diperbarui (dari luar Play Store), perjanjian dan kesepakatan antar operator yang begitu ketat, menganggap sumber perangkat lunak pihak ketiga sebagai malware, dan upaya baru seperti Google Play Protect untuk langsung memblokir perangkat lunak yang diperoleh di luar Google Play store.

Karena itu, kami (dengan terpakasa) harus meluncurkan Fortnite untuk Android di Google Play Store. Akan tetapi kami juga akan tetap terus untuk mengoperasikan Aplikasi Epic Games dan Fortnite di luar Google Play. Maka dari itu, kami harap Google akan merevisi ulang kebijakan dan urusan bisnisnya dalam waktu dekat, sehingga semua pengembang bebas untuk terlibat dalam perdagangan dengan pelanggan di Play Store.

Oh iya, sebagai pemberitahuan untukmu. Tidak semua perangkat bisa memainkan game Fortnite, pasalnya ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi (dulu sih minimal spesifikasi untuk dapat memainkan game ini harus setara dengan Galaxy S7).

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.