via PEKA

Masih ingat dengan rumor yang menyebutkan bahwa salah satu game baru yang paling amat dinantikan kehadirannya musim panas ini yakni Fortnite tidak akan hadir di Play Store Android? (Baca: Fortnite untuk Android Tidak akan Tersedia di Play Store?)

Ternyata hal tersebut memang benar adanya, berdasarkan konfirmasi resmi dari Tom Sweeney yang mana merupakan CEO dari Epic Games, ia mengatakan bahwa:

Fortnite untuk Android dipastikan bakal hadir musim panas ini, tapi Anda tidak akan menemukannya di Play Store. Anda harus mengunduh aplikasi tersebut (Fortnite) via website Epic Games dan Anda bisa menginstallnya dengan mengaktifkan opsi sideload apps yang ada di perangkat Android anda. Lalu untuk masalah update, Epic akan langsung memberikan update ke aplikasi Fortnite anda jika memang pembaruan telah tersedia.

Ada beberapa alasan yang mendasari keputusan Epic Games untuk memilih opsi ini, tapi menurut beberapa sumber terpercaya, alasan utama mengapa Epic Games akhirnya mengambil langkah ini dikarenakan masalah finansial yang ada di Play Store.

Seperti yang kamu ketahui, sama seperti Apple, Google juga mengambil potongan 30% dari setiap transaksi yang terjadi di Google Play Store, apakah itu pembelian suatu aplikasi ataupun game, atau mungkin pembelian dalam aplikasi. Sebagai imbalan atas pemotongan itu, perusahaan menyediakan pengembang aplikasi dengan platform untuk mendistribusikan judul, alokasi server, promosi, aksesibilitas mudah, dan layanan pelanggan.

Tom Sweeney via hgunified

Karena hal tersebut, CEO Epic Games mengatakan: “Karena Android merupakan sebuah open paltform sama seperti PC (Windows) dan Mac, maka potongan 30% untuk setiap pembelian merupakan sesuatu yang tidak proporsional untuk layanan yang ditawarkan kepada pengembang dan hasil 70% yang mereka (pengembang) dapatkan nantinya belum tentu akan mencukupi biaya pengembangan, pengoperasian dan mendukung permainan mereka secara memadai. Dengan meninggalkan Play Store dan mendistribusikan game melalui tokonya sendiri, Epic Games akan dapat membawa pulang semua pembayaran yang dilakukan melalui game Fortnite dan berharap dapat memberikan pelayan terbaik bagi penggunanya.”

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, game Fortnite sudah terlebih dahulu hadir di perangkat iOS pada bulan Maret kemarin dan hasilnya cukup mengejutkan, dalam waktu singkat game tersebut langsung menjadi salah satu game populer di iOS dan berhasil meraup keuntungan yang sangat besar yakni mencapai Rp 697 Miliar (pendapatan tersebut hanya dari platform iOS saja)!

Fortnite sendiri merupakan game bertema battle royale / survival  mirip seperti PUBG, hanya saja Fortnite ini memiliki grafis yang unik karena lebih penuh warna serta mirip seperti kartun (PUBG lebih realistis), selain itu dalam game ini kamu bisa membangun sesuatu untuk dapat tetap bertahan hidup, mirip seperti Minecraft. Daripada penasaran, lebih baik kamu lihat saja langsung grafis dan gameplay dari Fortnite di trailer berikut ini:

So, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Apakah kamu akan tetap menginstall game Fortnite walaupun tidak tersedia via Google Play Store? Silakan bagikan pendapatmu mengenai hal ini di kolom komentar.

via The Verge

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.