via Mobilesyrup

Hari ini Google resmi merilis Android 11 Developer Preview 3 dan sebagai tambahan informasi untukmu, ini merupakan versi developer preview yang terakhir sebelum nantinya Android 11 akan masuk ke versi beta mulai bulan depan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Google, ada 5 pembaruan penting yang hadir pada update kali ini dan berikut adalah detailnya:

  • Peningkatan API Android 11, yang mana memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi bagaimana dan mengapa user keluar (apakah disebabkan oleh crash, atau apakah user memang bermaksud untuk keluar, dll.)
  • GWP-ASan heap analysis sekarang sudah bisa diaktifkan untuk beberapa aplikasi tertentu, tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan memori — lebih sebagai alat khusus untuk pengembang, bukan sesuatu yang bisa digunakan konsumen.
  • ADB Incremental bertujuan untuk menguji aplikasi dengan ukuran yang besar (contohnya game) pada perangkat Android sehingga akan memudahkan pengembang, dimana hal ini bisa membuat proses instalasi melalui ADB hingga 10x lebih cepat. Fitur ini (untuk saat ini) hanya tersedia Pixel 4 dan 4 XL, tetapi jika Android 11 sudah dirilis ke berbagai perangkat, maka semua ponsel yang menggunakan Android 11 bisa menggunakannya.
  • Peningkatan Data access auditing. Beberapa API yang terkait dengan fitur ini memungkinkan pengembang untuk mengaudit lebih baik bagaimana data user dapat diakses dan digunakan oleh aplikasi mereka.
  • Debugging Nirkabel dengan ADB melalui Wi-Fi sekarang sudah diubah sepenuhnya — meskipun sebagian besar perubahan tersebut (seperti pengaturan tanpa kabel, memori perangkat berpasangan, dan kode QR mendatang) sudah terlihat sejak Android 11 Developer Preview 2 dirilis.

Saat ini, Google tampaknya lebih fokus untuk mengoptimalkan Android 11 agar tak banyak bug ketika nantinya sudah diresmikan (mungkin masih ada penambahan beberapa fitur ketika berada di Android 11 Beta, tapi tak akan sebanyak seperti versi Developer Preview) . Waktu rilis dari Android 11 sendiri masih panjang (pada Q3 2020, jika tak ada kendala) dan tak menutup kemungkinan masih akan ada beberapa perubahan interface, tapi untuk saat ini setidaknya Google hanya mencatumkan 5 perubahan dalam daftar changelog yang mereka rilis.

Oh iya, update ini untuk sementara cuma tersedia bagi pengguna ponsel Google Pixel, mulai dari Pixel generasi ke-2 hingga ke-4 dan bagi kamu yang sebelumnya sudah menginstall Android 11 Developer Preview 2, kamu bisa mendapatkan pembaruan Android 11 Developer Preview 3 dengan cek pembaruan pada ponsel kamu sekarang juga.

Namun, bila kamu ingin melakukan clean install, kamu bisa gunakan link yang DroidPoin sediakan di bawah ini:

Download Android 11 Developer Preview 3

Jadi, siapa diantara kamu disini yang sudah mencoba Android 11 Developer Preview 3? Jika sudah, silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

via Google

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.