via Mashable

Beberapa hari yang lalu, dunia teknologi sempat dikejutkan dengan salah satu fitur kamera yang ada di OnePlus 8 Pro, dimana fitur kamera tersebut bisa mengambil gambar dari objek yang tertutupi (tembus pandang) atau bisa dibilang bahwa fitur ini adalah semacam fitur ‘x-ray’.

Tentu saja hal ini amat sangat mengganggu, terutama masalah privasi karena pastinya . . . (ya kamu pasti tahulah jawabannya). 😅

Tapi benarkah jika OnePlus membekali ponsel terbaru mereka dengan fitur semacam ‘x-ray’?

Jawabannya tentu saja tidak dan mereka sudah mengonfirmasi hal ini, OnePlus mengatakan bahwa fitur yang saat ini jadi perbincangan tersebut adalah fitur bernama ‘color filter’ dan ada hal yang perlu kamu ketahui tentang fitur tersebut, dimana sebenarnya OnePlus tak merancang fitur ini agar bisa menangkap objek secara tembus pandang.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa kita bisa menangkap gambar objek yang tembus pandang dengan kamera OnePlus 8 Pro?

https://twitter.com/BenGeskin/status/1260607594395250690

Jadi, fitur ‘color filter’ di OnePlus 8 Pro sebenarnya cuma bisa melihat objek yang sudah hampir transparan dengan kondisi tertentu — Sayangnya mata kamu tidak bisa melihat hal ini, karena mata manusia tidak dapat melihat jenis cahaya yang sama dengan yang dapat dilihat oleh kamera.

Sebagai tamahan informasi untukmu, kamera dengan fitur ‘color filter’ yang ada pada OnePlus 8 Pro adalah sebuah kamera yang memiliki sensor 5MP dengan lensa berlapis. Nah, lensa ini dirancang khusus untuk membiarkan berbagai jenis cahaya masuk ke dalam sensor — termasuk cahaya inframerah (yang akan dijelaskan lebih detail di bawah). Sehingga ketika hasilnya dikombinasikan dengan filter yang ada di software, lensa ini dapat memberikan warna dan efek foto yang lebih dramatis kepada pengguna

Warna dari filter yang ada di OnePlus 8 Pro tidak ada yang dilebih-lebihkan, kecuali satu yakni “photochrom”. Filter warna ini memberikan warna dystopian yang tampak terbalik atau bisa dibilang seperti-x-ray — lalu ada satu masalah lain dari filter warna “photochrom” ini, yakni tidak menghalangi cahaya inframerah (IR). Buat kamu yang belum tahu, rata-rata lensa kamera saat ini mencoba menyaring cahaya inframerah, karena dapat menyebabkan gangguan visual yang mengganggu yang membuat foto terlihat buruk.

Terus apa hubungannya filter warna ‘photochrom’ di OnePlus dengan cahaya inframerah?

via Android Central

Jadi simpelnya itu begini, cahaya inframerah dapat melewati berbagai permukaan dan karena filter warna “photochrom” ini tidak menghalangi cahaya inframerah (IR), maka kamera OnePlus 8 Pro dapat mengambil objek yang tembus pandang.

Jadi sudah jelas, filter warna “photochrom” di OnePlus 8 Pro memang dapat mengambil gambar objek yang tembus pandang, dikarenakan lensa untuk mengambil filter warna “photochrom” tidak menghalangi cahaya inframerah (IR). Tapi, tidak semua gambar yang diambil menggunakan filter warna “photochrom” dapat tembus pandang, karena hal tersebut cuma bisa terjadi dalam kondisi tertentu.

Adapun untuk kasus pengambilan gambar objek tembus pandang (yang menembus pakaian), sebenarnya ini adalah hal yang masuk akal. Kain merupakan bahan hasil tenun yang tentu saja akan membiarkan cahaya masuk (menembus) melalui celah di antara serat kain dan jika pakaian (kain) tersebut menggunakan bahan yang sangat tipis, maka hal tersebut akan membiarkan lebih banyak cahaya masuk, sehingga bukan hal yang tidak mungkin jika kamera OnePlus 8 Pro bisa mendapatkan gambar objek tembus pandang, apalagi jika kamera tersebut sudah dilatih secara khusus untuk meningkatkan visualnya tentang cahaya inframerah.

via Gizmodo

Jadi, jangan samakan kamera OnePlus 8 Pro dengan kamera X-Ray. Memang benar dengan adanya filter warna “photochrom” di OnePlus 8 Pro kamu bisa mengambil objek yang tembus pandang, tapi dengan kondisi tertentu.

Tapi untuk kamu yang masih khawatir, kamu gak perlu bingung karena OnePlus sudah mengonfirmasi bahwa fitur “photochrom” bakal segera dinonaktifkan dari perangkatnya (pada update yang selanjutnya).

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.