via Twitter/UniverseIce

Belakangan ini sosial media dihebohkan dengan gambar wallpaper danau. Wallpaper ini punya pemandangan yang indah, namun ternyata wallpaper ini bisa membuat handphone menjadi crash tiba-tiba. Waduh..

Sejumlah pengguna smartphone mengeluhkan ponsel mereka mengalami ‘soft-brick’ setelah memasang wallpaper ini. Ponsel akan mengalami crash hingga mengalami bootloop, sehingga tak bisa masuk ke homescreen.

Wallpaper ini diketahui dapat ‘merusak’ sejumlah ponsel khususnya beberapa smartphone Samsung dan Google Pixel.

Bahkan dikabarkan masalah ini juga ditemukan pada smartphone dari LG, OnePlus, Nokia, dan Xiaomi, meski tidak semua smartphone mengalaminya. Masalah wallpaper danau ‘maut’ ini juga terjadi pada emulator Android, hingga smartphone yang memakai custom ROM Android 10.

Masalah ini kabarnya baru bisa diatasi dengan mengganti wallpaper melalui safe mode. Namun jika ada kesulitan, pengguna mau tak mau harus menghapus semua data di smartphone melalui mode recovery.

Diketahui wallpaper dengan nama file 1.JPG ini langsung menciptakan sejumlah error code kala dipasang, sehingga membuat ponsel mengalami gangguan.

Diduga, penyebab wallpaper danau ini membuat ponsel menjadi soft-brick karena ada masalah pada color profile Google Skia. Jika kamu ingin menggunakan wallpaper ini, kamu harus convert atau mengkonversi gambar ke color profile sRGB yang didukung ponsel.

Nah buat kamu yang disuruh pasang wallpaper ini oleh teman, jangan mau ya. Atau kamu bisa mengkonversi gambar tersebut 😁

via Android Authority, Twitter

  Jadi Ini SMARTWATCH TERBAIK Dibawah 2 Juta..?? 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.