via Weibo/Huawei & Ars Technica

Beberapa waktu lalu Huawei meluncurkan smartphone terbarunya, Honor Play 4 Pro. Smartphone ini ternyata punya fungsi lain yang sangat berguna saat situasi pandemi COVID-19 sekarang ini.

Dalam video yang diunggah Huawei ke akun Weibo, Honor Play 4 Pro bisa mengukur suhu tubuh seseorang hanya dengan menempelkan bagian kamera belakang ponsel ke dahi. Kemudian membuka aplikasi untuk memulai pengukuran, dan hasilnya akan segera diketahui.

Baca juga:

Smartphone ini bisa mengukur suhu tubuh berkat adanya sensor temperatur IR temperature sensor, yang terdapat pada bagian frame kamera smartphone. Sensor ini bisa mengukur suhu permukaan seseorang ataupun objek benda.

Sensor berada antara logo AI dan lampu flash – via Ars Technica

Huawei menyebut sensor IR ini bisa mengukur suhu dari -20°C (-4°F) hingga 100°C (212°F).

Virus COVID-19 memang memiliki gejala yang salah satunya adalah demam, namun terjangkit atau tidaknya seseorang dari virus ini tak bisa hanya diukur dari suhu tubuh saja, sebab munculnya banyak kasus tanpa gejala.

Sensor yang dimiliki Honor Play 4 Pro ini memang tak seakurat thermal camera ataupun thermometer sungguhan, meski begitu sensor ini murah dan sudah tersedia di berbagai smartphone untuk berbagai fungsi, dan Huawei merespon pandemi dengan cepat dengan adanya fitur ini.

Selain itu fungsi kurang disarankan untuk mengukur banyak orang, karena tak bisa digunakan tanpa kontak fisik.

Honor Play 4 Pro dibekali spesifikasi layar 6.57 inch dengan resolusi Full HD+, yang ditenagai chipset Huawei Kirin 990 SoC, RAM sebesar 8GB, dan memori internal 128GB.

Smartphone ini punya dua kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama beresolusi 40MP dan kamera telephoto 8MP. Kamera depannya juga ada dua yang beresolusi 32MP dan 2MP.

Honor Play 4 Pro menjalankan OS Android 10, namun tak dilengkapi berbagai aplikasi dan layanan Google di dalamnya karena imbas larangan Amerika Serikat. Smartphone ini baru dijual di Tiongkok saja, dan harga dengan sensor IR ini adalah 2999 Yuan atau Rp 6 juta.

Gimana komentar kamu?

via Ars Technica

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.