via LetsGoDigital

Smartphone dengan layar lipat dalam waktu dekat ini akan menjadi tren. Namun apa yang akan dilakukan Huawei, sepertinya akan selangkah ke depan dibanding hanya layar lipat.

Hal tersebut terungkap dalam paten Huawei terbaru. Paten ini didaftarkan Huawei ke CNIPA (China National Intellectual Property Administration), dan disetujui pada 14 April 2020 lalu. Paten ini juga telah masuk ke database desain global Organisasi Hak Kekayaan Intelektual dunia (WIPO).

Baca juga:

Dalam paten ini, Huawei mematenkan desain smartphone baru dengan layar slider, atau bisa digeser. Desain seperti ini sudah dibuat lebih dulu oleh TCL, meski baru berstatus prototype (Baca: TCL Ingin Buat Ponsel Berlayar Slider, Bisa Jadi Tablet!). Penampilannya sendiri mirip dengan smartphone layar lipat Huawei Mate XS.

Ada dua model yang dipatenkan oleh Huawei ini. Layarnya sama-sama tertarik dari bagian belakangnya saat menjadi sebuah smartphone. Hanya saja ada beberapa perbedaan desain dari keduanya.

via LetsGoDigital

Pada model A, tampak layar akan tertarik atau slide-out dari bagian kanan hingga ke depan. Sehingga saat layar terbentang layaknya menjadi tablet, masih ada sisa ruang kosong di samping kanan smartphone. Sedangkan bagian kamera ada di sebelah kanan smartphone.

via LetsGoDigital

Sedangkan di model B, kebalikannya dari model A. Layarnya akan terbentang dari sebelah kiri layar, sedangkan sisa ruang kosongnya lebih banyak. Hanya saja, ketika dilipat, di model B ini tampak bagian kanannya lebih memanjang dibanding bagian sebelah kiri.

Hal ini membuat layar di model B menjadi lebih rentan rusak dibandingkan model A. Namun keuntungannya, banyaknya ruang kosong ini bisa dimanfaatkan untuk baterai yang lebih besar pula, atau untuk memberikan fitur lain.

Secara estetika, model A lebih baik pula dibanding model B karena ruang kosong yang lebih sedikit dibanding model B.

Karena desain itulah, smatphone layar slider yang desainya dipatenkan Huawei ini tak sama persis dengan TCL.

Bagaimana komentar kamu?

via Android Authority, LetsGoDigital

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.