via Mobilesyrup

Perilisan Android 11 akan dirilis pada Q3 tahun ini dan kita juga sudah mengtahui bahwa OS terbaru milik Google tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti penjadwalan dark theme, screen recording, panel notifikasi tersendiri untuk percakapan, tema baru untuk Pixel dan yang lainnya.

Ternyata, dari sekian banyak fitur baru yang sudah disiapkan oleh Google, ada beberapa fitur yang kemungkinan besar tak akan tersedia untuk semua perangkat yang mendapatkan update Android 11. Hal ini dikarenakan Google membebaskan OEM Android untuk menentukan pilihan mereka sendiri, apakah ingin menerapkan fitur baru tersebut atau tidak.

Berikut adalah 3 fitur yang kemungkinan besar tak akan tersedia di semua perangkat yang mendapatkan update Android 11:

1. Device Controls

via XDA-Developer

Buat kamu yang belum tahu, di Android 11 nanti ada fitur bernama Device Controls. Dengan adanya fitur ini kamu bisa mengatur berbagai perangkat smart home dari ponsel kamu, misalkan menyalakan lampu, membuka garasi, mengaktifkan (robot) vacuum cleaner dan lain-lain.

2. Conversations in Notifications

via Google

Fitur ini adalah fitur panel notifikasi tersendiri untuk percakapan yang sudah DroidPoin singgung di awal artikel ini. Pada Android 11 nanti, Google akan memisahkan notifikasi untuk aplikasi chatting dengan notifikasi lainnya.

Jadi, kamu tetap bisa memantau chat yang masuk ke ponsel kamu, tanpa harus mengkhawatirkan jika nantinya notifikasi tersebut akan tenggelam di bagian bawah panel notifikasi.

3. IdentityCredential – Mobile Driver’s Licenses

via Envoc

Fitur yang ketiga adalah fitur baru yang sebenarnya gak punya pengaruh besar (terutama untuk Indonesia), karena fitur ini kabarnya cuma berguna di Amerika Serikat. Dengan adanya fitur IdentityCredential kamu, bisa menyimpan dokumen yang berisikan identitas diri kamu (semisal SIM) ke perangkat ponsel milikmu dan mungkin ketika nantinya ada semacam pemeriksaan di jalan, kamu tinggal menunjukan data yang sudah tersimpan pada ponsel kamu ke aparat.

Itulah dia 3 fitur yang kemungkinan besar tak akan tersedia di semua perangkat yang nantinya mendapatkan update Android 11. Gimana nih tanggapan kamu tentang hal ini? Sampaikan saja di kolom komentar.

via XDA-Developer

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.