via Xiaomi

Teknologi smartphone dengan kamera bawah layar sudah kian di depan mata. Selain ZTE, Xiaomi juga akan membuat smartphone dengan teknologi anyar ini.

Baru ini Xiaomi memamerkan teknologi kamera bawah layar atau kamera under display generasi ketiga. Teknologi ini dikembangkan Xiaomi, yang memanfaatkan pengaturan piksel layar.

Teknologi ini memungkinkan layar melewati cahaya yang ada diantara sub-piksel layar, dan membiarkan setiap piksel layar mempertahankan tata letak sub-piksel RGB secara lengkap tanpa harus mengorbankan kerapatan piksel.

Dalam pengujian yang dilakukan Xiaomi, kerapatan piksel layar tidak berkurang alias tetap sama, baik pada bagian kamera ataupun di bagian layar lain.

Teknologi kamera bawah layar generasi ketiga dari Xiaomi ini turut menggunakan desain sirkuit khusus untuk meningkatkan transmisi cahaya dari bagian kamera. Xiaomi juga mencampurnya dengan optimalisasi kamera internal.

Hasilnya, Xiaomi menyebut teknologi generasi ketiga ini mampu setara dengan kamera konvensional. Namun itu masih menjadi klaim Xiaomi, kita tentu harus menunggu lebih lanjut untuk membuktikan klaim tersebut.

Xiaomi sepertinya tidak ingin terburu-buru menyusul ZTE yang sudah merilis smartphone berkamera bawah layar. Menurut Xiaomi, teknologi kamera bawah layar ini siap untuk dimulai produksi secara massal pada 2021 mendatang.

Ini artinya smartphone dengan kamera bawah layar dari Xiaomi ini kemungkinan bisa kita temukan pada tahun depan.

Dari segi desain, teknologi kamera bawah layar berguna untuk memperluas layar pada smartphone, kian minim bezel dan tanpa notch ataupun punch-hole yang mungkin dirasa mengganggu bagi beberapa kalangan.

via Android Authority

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.