via Gadget Hacks

Jika dibandingkan dengan Android 10, maka update Android 11 yang baru saja dirilis tadi malam akan terlihat biasa-biasa aja. Sebenarnya, ada banyak hal baru di update kali ini, hanya porsi (kemunculan) fitur di update kali ini tidak sebanyak Android 10 yang memang hadirnya menyeluruh misalnya navigasi gesture, system-wide dark mode dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang penasaran apa aja fitur unggulan di Android 11, berikut adalah detail lengkapnya:

1. Notifikasi

Perubahan yang paling jelas terlihat di Android 11 ada pada panel notifikasi. Dimana kini ada semacam sekat pembatas antar notifikasi dan yang paling menarik, notifikasi yang masuk akan diurutkan berdasarkan kategori, bisa masuk ke percakapan atau notifikasi biasa.

2. Media Control

Kalau kamu senang muter musik di ponsel, maka DroidPoin jamin kamu akan suka dengan perubahan UI di bagian media control. Selain punya seek bar, kamu juga bisa dengan mudah menghubungkan perangkat speaker (Bluetooth) milikmu melalui opsi yang tersedia di media control baru loh!

3. File Manager

Entah kamu sadar atau gak, sebelum update ke Android 11 aplikasi Files bawaan di ponsel Pixel kurang begitu powerfull dan untungnya Google mendengarkan keluhan penggunanya dan mengganti aplikasi tersebut dengan Files by Google. Selain lebih praktis (karena tersedia opsi untuk membersihkan file sampah), aplikasi ini juga mendukung scooped storage yang mana membuat aplikasi pihak ketiga tidak bisa seenaknya mengakses file yang ada pada ponsel kamu tanpa izin terlebih dahulu.

4. Build-in Screen recording

Salah satu fitur yang sempat muncul di Android 10, namun entah kenapa batal dirilis dan kini akhirnya fitur tersebut resmi tersedia di Android 11. Fitur ini pastinya bakal membantu banget untuk merekam layar ponsel kamu, karena kamu gak perlu repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tentu aja keamanannya masih diragukan.

Selain ke-4 fitur di atas, sebenarnya masih ada beberapa fitur andalan lain yang tersedia di Android 11 seperti Device Control (kurang berguna karena tidak semua punya perangkat smarthome), One-time & Auto-revoking permission (peningkatan minor pada bagian privasi), Call Screening (cuma berguna di luar Indonesia) dan lain-lain.

Jadi, fitur mana nih yang menurut kamu paling menarik di Android 11? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar yah!

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.