Seperti yang kita tahu bahwa WhatsApp merupakan aplikasi instant message paling populer saat ini. Pastinya, banyak orang memakai aplikasi WhatsApp ini sebagai aplikasi utama dalam berkomunikasi. Kali ini aku akan membagikan beberapa informasi tips dan trik tentang “rahasia” WhatsApp, mungkin nantinya tips dan trik ini akan bermanfaat untuk kamu semua. Oke kita langsung ke listnya ya.

Baca Juga:

1. Membuat Pintasan Untuk Memulai Chat

Apa kamu secara konstan menggunakan WhatsApp dengan 1 orang atau bahkan lebih? Pacar? Istri atau Suami? atau teman mungkin?. Nah kamu bisa memakai fitur pintasan ini agar kamu lebih mudah mengaksesnya, nantinya pintasan ini akan tersedia di menu home screen kamu, dan ketika kamu ingin mengaksesnya tinggal sentuh pintasan tersebut tanpa membuka aplikasi WhatsApp lagi. Cara membukanya cukup mudah kok, tinggal kamu tahan kontak mana yang kamu pilih> lalu pencet opsi (titik 3 pojok atas)> pilih tambah pintasan chat.

2. Kecualikan Gambar WhatsApp dari Perpustakaan

Apa kamu bosan dengan isi grup yang isinya share sebuah video ataupun gambar-gambar yang membuat storage smartphone kamu penuh?, nah ini cara mudah untuk menghalau video dan gambar sharing tersebut. Kamu bisa buka setelan> chat> matikan toggle tampilkan media lalu kamu bisa mengecualikan gambar-gambar yang di share tersebut.

3. Penyimpanan Perihal Gambar dan Video

Seperti yang kita tahu, WhatsApp akan otomatis mendownload semua foto, video audio file, dan berbagai macam file lainnya ke smartphone kamu. Kamu bisa memilih media mana yang bisa di download tersebut. Jika kamu memang ingin menghemat storage, kamu bisa mematikan semua pilihan ketika memakai mobile data dan jaringan WiFi kamu, dan ketika kamu ingin mendownload file tersebut kamu bisa melakukannya secara manual.

Caranya cukup mudah buka More Options lalu buka Settings> Data and Storage Usage. Dibawah menu Media auto-download pilih When using mobile data, when connected on Wi-Fi dan When Roaming lalu matikan semua centang yang tersedia.

4. Penjadwalan Pesan WhatsApp

Ini fitur yang cukup bermanfaat bagi kamu yang mungkin pelupa. Nah fitur bisa mengingatkan kamu untuk mengirim pesan di hari-hari terpenting, misalnya hari ulangt tahun orang tua, hari ulang tahun saudara, atau penjadwalan meeting-meeting penting.

Akan tetapi kamu perlu menginstall aplikasi pihak ketiga untuk memakai fitur ini. Kamu bisa mendownload SKEDit, dengan aplikasi ini kamu bisa menjadwalkan postingan, otomasi sebuah reply, membuat pengingat, dan masih banyak lagi. Download SKEDit.

5. Kirim Pesan yang Sama Dengan Menggunakan Broadcast

Pernahkah kamu ingin mengirim sebuah pesan yang sama ke banyak penerima?. Jika kamu belum tahu, di WhatsApp ini ada sebuah fitur yang memungkinkan hal tersebut. Fitur tersebut bernama Broadcast, dan untuk mengaktifkan broadcast ini cukup mudah kok, kamu tinggal memilih More options> New Broadcast, lalu kamu pun bisa memilih kontak yang ingin kamu kirim pesan tersebut.

6. Kunci WhatsApp Untuk Pengamanan

Mungkin ada beberapa orang yang ingin membuka WhatsApp kamu, nah untuk menghindari ini, kamu bisa mengaktifkan fitur sidik jari loh. Kamu juga tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga untuk menikmati fitur ini, karena WhatsApp sudah menambahkan tambahan fitur keamanan ini.

Untuk mengaktifkannya pun cukup mudah, pilih more options> settings> accounts> privacy lalu cari fingerprint lock. Geser toggle unlock with fingerprint ke posisi On.

7. WhatsApp Privasi Chat

Jika kamu bukan tipe orang yang menumpuk kontak seseorang, dan kamu mengenal semua kontak tersebut, mungkin kamu tidak memerlukan fitur ini. Lain halnya jika kamu mempunyai sebuah kontak yang besar dan rata-rata tidak mengenal kontak tersebut, kamu mungkin bisa mempertimbangkan fitur ini.

Kamu bisa mengedit visibilitas kamu tersebut, kamu tinggal pilih menu more options> settings> account> privacy lalu pilih visibilitas yang mau kamu edit pada last seen status, profile photos, about, status dan read receipts tersebut.

8. Mute Segala Obrolan yang Mengganggu

Kalau misalnya kamu terganggu dengan berbagai notif dari sebuah kontak, atau sebuah grup, kamu bisa mengaktifkan fitur mute ini. Caranya gampang kok buka Options di pojok kanan kontak tersebut, lalu pilih mute notifications, akan ada beberapa opsi rentang waktu yang bisa kamu pilih.

9. Rubah Setelan Wallpaper

Bosan dengan tampilan WhatsApp yang gitu-gitu aja?. Kamu bisa kok merubah wallpaper tersebut dengan desain yang ada di dalam WhatsApp tersebut. Tidak hanya itu kamu bisa mengganti wallpaper tersebut dengan foto pacar, suami, istri, atau bahkan mantan pun bisa kamu jadikan sebuah wallpaper tersebut.

Kamu tinggal membuka more options> settings> chats> display> wallpaper dan pilih deh mana yang mau kamu jadikan wallpaper tersebut.

10. Pencarian Pesan WhatsApp

Terakhir ada fitur yang menurut aku sangat penting, terkadang ada sebuah chat yang tertindih dengan chat baru. Nah fitur ini memungkinkan kamu mencari spesifikasi chat yang mungkin tertindih tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa tap more options> search dan masukkan spesifik chat yang kamu inginkan.

Oke itu tadi beberapa tips rahasia seputar fitur rahasia WhatsApp, nantinya kalau ada tips terbaru, aku akan update daftar ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.