Home Editorial Apakah Aplikasi Speed Booster dan Task Killer Bermanfaat untuk Android kamu?

Apakah Aplikasi Speed Booster dan Task Killer Bermanfaat untuk Android kamu?

Apakah Aplikasi Speed Booster dan Task Killer Bermanfaat untuk Android kamu?

Mungkin bagi pengguna Android sudah tak asing lagi dengan aplikasi Speed Booster dan Task Killer semacam Clean Master, DU Speed Booster, Turbo Cleaner, CCleaner, Advance Task Killer, dan lain-lain. Namun yang jadi pertanyaan hingga kini adalah

Apakah aplikasi semacam Speed Boooster dan Task Killer Bermanfaat untuk Android saya?

Jawabannya adalah Bermanfaat, tapi manfaat yang diberikan aplikasi tersebut hanya sesaat!

Mengapa demikian?

Karena sebenarnya aplikasi seperti Speed Boooster dan Task Killer tidak terlalu kamu perlukan, kamu bisa melakukan hal tersebut secara manual. Justru dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat membuat performa Android kamu menurun dan boros baterai!

Seperti yang DroidPoin katakan, aplikasi tersebut tak terlalu kamu butuhkan karena fungsi dan kegunaan utama dari aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya bisa kamu lakukan secara manual misalnya membersihkan cache dan temporary file. Manfaat lainnya mungkin hanya menghapus folder kosong, file ganda (duplikat), atau file-file besar yang ada pada Android kamu.

Untuk masalah Android kamu menjadi lamban, sebenarnya sedari awal kamu sudah mengetahui akar permasalahannya. Di Android saya kurang tahu apa istilah untuk apliaksi semacam ini, akan tetapi kalau di PC (Windows) aplikasi seperti ini termasuk ke dalam aplikasi startup, aplikasi startup adalah aplikasi yang sejak pertama kali device dinyalakan maka aplikasi tersebut langsung ikut aktif (berjalan), sehingga aplikasi semacam ini akan menguras RAM Android kamu yang mana bisa mengakibatkan Android menjadi lamban tentunya.

Memang aplikasi ini bermanfaat dan bisa mempercepat Android kamu, namun hal tersebut hanya berlangsung sesaat, seiring waktu berjalan aplikasi ini justru malah membebani Android kamu, mungkin aplikasi semacam ini hanya akan optimal jika berjalan pada Android flagship karena cara kerjanya yang cukup menggelitik!

Beginilah cara kerja aplikasi semacam Speed Boooster dan Task Killer:

Ketika apliaksi Speed Boooster dan Task Killer akan menghentikan aplikasi lain untuk melegakan RAM, sistem pada android akan merestart berbagai jenis aplikasi yang justru membutuhkan daya lebih besar (RAM, Baterai, dan lain-lain) dan itu termasuk aplikasi semacam Speed Boooster dan Task Killer ini. Jadi, ketika kamu menggunakan aplikasi ini untuk mengoptimalkan performa Android kamu, maka daya yang dilepas (RAM, Baterai, dan lain-lain) justru beralih ke aplikasi semacam Speed Boooster dan Task Killer.

Proses di atas akan terulang secara terus menerus, sehingga bisa mengakibatkan performa Android kamu menurun dan daya tahan baterai menjadi lebih cepat habis.

Jadi, saya harus bagaimana?

Intinya, jika Android kamu memiliki spesifikasi di atas rata-rata mungkin aplikasi semacam ini tak akan memberikan dampak terlalu besar pada performa Android kamu, namun jika Android yang kamu miliki spesifikasinya “pas-pasan“, mungkin jalan terbaik adalah dengan melakukan berbagai macam hal yang dilakukan aplikasi semacam Speed Boooster dan Task Killer secara manual agar tidak mempengaruhi performa Android kamu.

  Video: Cara Mengaktifkan Google Assistant  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.