Seperti yang kamu ketahui kasus ketidakpuasan Epic Games terhadap kebijakan aplikasi yang ada di App Store dan Play Store mendorong para developer untuk bersatu dan pada akhirnya terbentuklah yang namanya koalisi untuk keadilan aplikasi atau Coalition for App Fairness!

Untuk iOS, DroidPoin belum mendapatkan detail apapun. Namun, Google selaku pihak yang bersengketa juga (dengan para pengembang) kabarnya mulai melunak dan informasi terakhir yang DroidPoin dengar, ketika nanti update Android 12 digulirkan mereka akan mempermudah aplikasi “store pihak ketiga” berada di platform miliknya, namun pengguna diharapkan tetap waspada dan berhati-hati, supaya tidak membahayakan keamanan di perangkat miliknya.

Namun, Google tetap akan “merekomendasikan” para developer untuk menggunakan pembayaran via Google Play (tidak langsung seperti yang diinginkan oleh Epic Games) dan ini bersifat mutlak, paling lambat pada 21 September 2021. Jika tidak dituruti, sepertinya akan ada semacam penalti dan Google belum mengungkapkan detailnya.

Tentu saja ini kabar yang amat baik bagi para developer toko aplikasi pihak ketiga, karena pada akhirnya Google memberikan semacam izin resmi agar mereka dapat berdagang di platform Android. Namun, seperti yang sudah Google katakan, pengguna wajib lebih waspada lagi karena hal ini dapat berakibat fatal jika sampai ada data yang berhasil dicuri.

Untuk saat ini, DroidPoin belum mendapatkan detail informasi apa saja fitur baru yang akan Google hadirkan di Android 12. Namun, kita akan mengetahui detailnya di sekitar awal bulan Maret ketika build developer preview tersedia dan info lengkapnya akan Google umumkan pada event Google I/O 2021 (itupun jika dilangsungkan).

via The Verge

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.