Tahun depan bisa jadi tahun kebangkitan dari divisi chipset Samsung yakni Exynos, pasalnya mereka sudah mempersiapkan duo chipset yang amat tangguh yakni Exynos 1080 dan 2100. Dari kabar terakhir yang DroidPoin dengar, kedua chipset Samsung tersebut setidaknya diklaim mampu menyamai performa yang ditawarkan chipset milik Qualcomm loh!

Untuk chipset kelas flagship yang akan digunakan di seri Galaxy S atau Galaxy Note yakni Exynos 2100, DroidPoin belum mendapatkan informasi apapun. Namun, untuk chipset kelas midranger yakni Exynos 1080, sudah ada beberapa informasi yang terungkap.

Pertama, chipset ini hampir pasti akan menggunakan fabrikasi 5nm dengan inti dari Cortex-A78. Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh ARM, Cortex-A78 dengan clockspeed @2.1 GHz menawarkan 20% performa CPU yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Cortex-A77 yang memiliki clockspeed @2.3 GHz. Selain performa yang jauh lebih tangguh, ternyata Cortex-A78 juga menawarkan efisiensi energi yang lebih baik hingga 50% jika dibandingkan dengan Cortex-A77.

Lalu yang kedua adalah penggunaan dari GPU Mali-G78. Entah bagimana caranya, Samsung pada akhirnya berhasil mengoptimalkan GPU Mali-G78 di chipset Exynos 1080. Sehingga performa GPU di Exynos 1080 jauh lebih kencang dibandingkan dengan GPU Adreno 650 di Snapdragon 865 dan gak tanggung-tanggung, dari pengujian yang bocor (di ponsel Orion) chipset ini ternyata punya perfoma GPU 20% lebih baik dibandingkan yang ada di seri Snapdaragon 865 loh!

Jadi bisa disimpulkan bahwa chipset midranger milik Samsung untuk tahun depan yakni Exynos 1080 dipastikan punya performa yang lebih tangguh dibandingkan chipset Snapdragon 865 (untuk saat ini loh ya, itupun kalau gak diutak-atik sama Samsung) dan berdasarkan hasil pengujian terakhir di ponsel “Orion”, chipset ini berhasil meraih total skor mencapai 693.600 poin atau sekitar 5-10% lebih tangguh secara keseluruhan.

Perlu diingat sekali lagi, kalau data di atas adalah hasil benchmark dari ponsel yang menggunakan chipset Exynos 1080 (kemungkinan besar digunakan oleh Samsung dan juga vivo di ponsel vivo X60 yang akan diresmikan dalam waktu dekat). Untuk seri chipset flagship, harusnya sih punya performa yang jauh lebih baik lagi.

So, untuk infromasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan. Lalu, gimana nih tanggapan kamu akan hal ini? Sampaikan langsung aja di kolom komentar.

via GSMArena 1 | 2

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.