Beberapa hari yang lalu, WhatsApp akhirnya mengupdate aplikasi mereka ke versi 2.20.205.16 dan pada update tersebut mereka menghadirkan fitur bernama Disappearing Message atau Pesan Sementara.

Kalau kamu belum tahu, fitur ini memungkinkan kamu untuk menghapus percakapan WhatsApp baik itu untuk perorangan atau grup setelah tujuh hari. Untuk perorangan, kamu bisa mengatur fitur ini secara sepihak. Sedangkan untuk grup, hanya admin grup saja yang bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui nih mengenai fitur ini:

  • Jika kamu tidak membuka WhatsApp selama 7 hari dan mengaktifkan fitur pesan sementara, maka pesan tersebut akan terhapus. Tetapi, preview pesan yang masuk akan tetap ditampilkan di notifikasi perangkat.
  • Jika pesan sementara adalah pesan yang diteruskan dan pesan tersebut (yang diteruskan) sudah terhapus, maka previewnya akan tetap ditampilkan.
  • Jika pengguna melakukan back-up sebelum pesan sementara dihapus, maka pesan tersebut akan masuk ke dalam back-up. Tetapi, pesan akan dihapus ketika pengguna memulihkan pesan dari back-up.
  • Secara bawaan, media yang akan kamu terima akan terhapus jika opsi Disappearing Message atau pesan sementara aktif. Tapi, kalau kamu mengaktifkan opsi auto-download, maka media akan tersimpan di perangkat kamu.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangatlah mudah yakni cukup pergi ke:

  1. Aplikasi WhatsApp dan pilih chat atau percakapan tertentu (boleh per-orang, boleh juga grup kalau kamu admin grup)
  2. Ketuk nama kontak atau grup
  3. Scroll ke bawah dan temukan fitur disappearing message atau pesan sementara
  4. Lalu tinggal aktifkan.

Semoga bermanfaat . . .

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.