Kita semua tahu kalau beberapa hari lalu Qualcomm baru saja meresmikan chipset terbaru mereka yakni Snapdragon 888. Namun sayang, belum ada informasi detail mengenai keunggulan chipset tersebut secara rinci dan untungnya, hari ini DroidPoin mendapatkan detail lengkapnya!

Buat kamu yang belum tahu, Snapdragon 888 menggunakan Qualcomm Kryo 680 CPU yang terdiri dari 8 core, dimana terdapat satu core Cortex X-1 dengan clockspeed @2.84GHz, tiga core Cortex-A78 @2.4GHz dan empat buah core Cortex-A55 @1.8GHz. Qualcomm mengklaim bahwa Kryo 680 CPU menjanjikan peningkatan performa dan juga efisiensi daya hingga 25% dibandingkan dengan Snapdragon 865.

Gak cuma itu, GPU Adreno 660 pada chipset Snapdragon 888 diklaim mampu mempercepat performa rendering game hingga 35% dan akan meningkatakan efisiensi daya hingga 20%. Chipset ini kabarnya sengaja di desain untuk mampu bermain game dalam frame rate yang tinggi (up to 144 fps) serta low latency gaming. Lalu ada juga beberapa fitur menarik lainnya seperti Variable Rate Shading (VRS) dan Game Quick Touch yang tentu saja akan mendongkrak performa gaming kamu.

Bukan hanya sektor CPU dan GPU saja yang jadi perhatian Qualcomm, sektor kamera pun tak luput dari peningkatan yang signifikan dimana mereka menjadikan chipset ini sebagai yang pertama dalam penggunaan triple ISP. Hal ini memungkinkan kamera untuk digunakan secara terpisah dan hasilnya diproses secara bersamaan (mis. kamu bisa menangani tiga video 4K sekaligus atau mengambil tiga foto dengan resolusi 28MP secara bersamaan).

Untuk konektivitas, DroidPoin sudah pernah jelaskan di artikel sebelumnya kalau chipset ini adalah chipset pertama yang akan menggunakan modem Snapdragon X60 5G. Keuntungan dari modem Snapdragonn X60 5G adalah menawarkan kompabilitas pada semua gelombang mmWave sub-6 5G di seluruh dunia dengan kecepatan download hingga 7.5 Gbps dan upload hingga 3 Gbps.

Yang paling terakhir adalah peningkatan keamanan, chipset Snapdragon 888 adalah chipset pertama yang memenuhi standar Content Authenticity Initiative. Dimana chipset ini dapat menangkap foto yang disegel secara kriptografis, mencakup metadata tahan kerusakan yang membuktikan keaslian dari gambar yang diambil

Biar makin lengkap, Qualcomm menambahkan sebuah fitur dari chip Snapdragon 8cx yakni Hypervisor. Fitur ini memungkinkan beberapa aplikasi berjalan dalam OS yang berbeda dan DroidPoin belum mendapat info apakah nantinya fitur ini akan dapat digunakan oleh seluruh ponsel Android atau tidak.

So, gimana nih tanggapan kamu mengenai chipset Snapdragon 888? Sampaikan langsung di kolom komentar yah!

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.