Bagi kamu yang setia memakai layanan Google seperti YouTube, Google Drive, Gmail atau semacamnya, apakah menemukan bahwa layanan Google mengalami down di minggu ini?. Faktanya memang demikian dan kejadian layanan Google menjadi down ini mempunyai ruang lingkup yang amat luas hingga kawasan global.

Baca Juga:

Semua Layanan Google Mengalami Down

Kejadian ini awalnya ditemukan pada awal pekan ini lebih tepatnya pada tanggal 13-14 Desember 2020. Semua layanan Google mengalami permasalahan yang mempunyai dampak yang cukup masif, dampak down ini tidak hanya dirasakan di semua layanan Google saja, tetapi aplikasi lain juga terkena dampak yang besar, aplikasi tersebut antara lain Pokemon Go dan Discord.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh situs Google Status Dashboard, semua layanan Google down ini disebabkan adanya “an authentication system outage” yang bisa disimpulkan bahwa sistem mengalami pemadaman. Layanan Google yang lainnya seperti Calendar, Google Drive, Google Docs, Meet, Maps, dan Analytics pun mengalami hal yang sama, bahkan ada user yang melaporkan jika gadget smarthome yang teritegrasi dengan Google Asisten seperti Nest Hub tidak merespon.

Dari semua layanan Google yang berfungsi pun hanya Google search saja. Laporan down ini datang dari berbagai negara seperti, Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, Jepang, dan India, ini membuktikan bahwa layanan down ini merata hampir ke semua negara.

Downdetector situs yang mengawasi aplikasi yang mengalami down pun mencatat bahwa tidak hanya layanan Google saja yang terdampak akan hal ini, aplikasi Pokemon Go dan Discord pun mengalami hal serupa. YouTube pun memberikan sebuah tweet yang berisi tentang perihal down ini, dan selama beberapa hari tagar #GoogleDown membahana di trending worldwide.

Tetapi kabar terbaru layanan Google telah kembali normal dan bisa dijalankan seperti biasanya. Memang ada ketakutan tersendiri jika Google menjadi down, apalagi hampir semua data kita mulai dari e-mail, dokumen, to-do-lists memakai semua layanan Google, dan jika Google menjadi down, kinerja kita pastinya akan terganggu.

Lalu bagaimana tanggapan kamu tentang layanan Google yang sempat down ini?, apakah kamu terdampak dengan down-nya Google ini?. Tulis pendapat kamu tentang hal ini pada kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.