Inilah Jadwal Update MIUI 9 Global Stable — Beserta Daftar Perangkatnya
via Android Beat

Berbeda dengan Google yang baru menanamkan fitur screen recorder di Android 11, Xiaomi sudah menanamkan fitur tersebut sejak MIUI 8 atau MIUI 9 yang dirilis sekitar 4 tahun yang lalu loh!

Walaupun sudah lama diperkenalkan, tetap saja ada beberapa masalah yang seringkali muncul, misalnya adalah ketika kamu merekam layar, suara yang ingin direkam ternyata tak berhasil direkam. Tentu saja hal ini akan membuat pengguna jengkel dan dikesempatan kali ini, DroidPoin akan coba memberikan beberapa tips untuk memperbaiki masalah tersebut. Berikut ini adalah detailnya:

1. PEMECAHAN MASALAH DASAR

Terkadang, masalah itu timbul dari kesalahan pengguna. Maka dari itu, silakan cek kembali apakah kamu melakukan kesalahan atau tidak seperti memeriksa level volume (usahakan untuk meningkatkan volume karena akan membantu hasil perekaman), jika tidak diatur terlebih dahulu maka tidak heran apabila tidak ada suara yang akan terdengar (terekam) akibat dari volumenya terlalu kecil atau tidak ada sama sekali.

Jika sudah, pastikan kamu untuk melepaskan earphone atau headphone Bluetooth, karena perangkat eksternal tidak dapat merekam suara, hanya mikrofon atau speaker yang diperbolehkan.

2. MENGATUR SCREEN RECORDER 

Jika kamu merasa kesalahan ada pada software, silakan kamu buka aplikasi Perekam Layar yang sudah diinstal sebelumnya pada smartphone Xiaomi kamu dan ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas layar.

Selanjutnya ketuk opsi sumber suara untuk menampilkan menu pop-up dari bawah dan nantinya kamu akan menemukan tiga opsi di sini. Yang pertama adalah Mute yang tidak akan merekam suara apapun. Yang kedua adalah Mikrofon yang hanya akan merekam suara eksternal (apa yang kamu ucapkan) dan internal. Lalu yang ketiga adalah Suara Sistem yang akan merekam suara internal dari ponsel.

Jadi, sebelum memulai perekaman layar di smartphone milikmmu, silakan kamu atur dulu opsi suara mana yang kamu perlukan sesuai dengan video apa yang ingin kamu buat.

3. UPDATE APLIAKSI & SISTEM (OS)

Jika cara-cara di atas tidak membantu kamu, mungkin penyebab masalah yang kamu alami saat ini adalah karena software perekaman layarmu belum diupdate atau juga MIUI (OS) kamu belum berada di versi terbaru atau mungkin pada pembaruan yang baru kamu instal terdapat masalah (bug) yang mengganggu kinerja dari screen recorder.

So, silakan lakukan update aplikasi dan software kamu ke versi terbaru atau tunggu perbaikan selanjutnya dari Xiaomi.

Semoga bermanfaat 😁

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.