Twitter memang tidak ada hentinya untuk berinovasi mengembangkan fitur yang ada di dalam platformnya. Terbaru mereka mengeluarkan fitur yang bernama Spaces yang berfungsi sebagai live chat yang menggunakan audio-only, di Spaces ini memungkinkan para user Twitter untuk mengganti kebiasaan tweet dan memasuki ruang obrolan suara secara live.

Baca Juga:

Space Menawarkan Pengalaman Baru Dalam Percakapan

Ya, Space memang diperkenalkan untuk menawarkan pengalaman baru dalam sebuah percakapan secara real-time dengan menggunakan audio. Fitur ini masih dalam tahap beta untuk sekarang ini, dan hanya segelintir user yang bisa menikmati fitur Spaces yang baru ini.

Cara kerjanya pun cukup simpel, nantinya kamu bisa membuat sebuah Space untuk kamu dan para followers kamu, dan memulai sebuah live voice chat dengan siapapun yang bergabung. Nantinya, kamu bisa mengontrol siapa yang dapat ataupun tidak dapat berbicara di Space yang anda buat ini.

Seperti yang dikutip dari akun resmi Twitter Spaces, mereka melabeli fitur ini sebagai sebuah eksperimen untuk memfokuskan kedekatan dengan suara. Ditambah lagi 280 karakter yang menjadi batasan tweet mungkin membuat orang kurang bisa berkespresi, dan fitur Spaces inilah yang akan menjadi sebuah alternatif untuk “nimbrung” dalam sebuah percakapan.

Untuk membuat Space ini sangatlah mudah, kamu tinggal tahan agak lama tombol compose di aplikasi Twitter, atau kamu bisa mengakses di layar Fleets creation. Ketika kamu sudah membuat sebuah Space, maka kamu dapat mengundang orang dengan membagikan sebuah link atau mengirim link tersebut melalui direct message.

Sudah ada bocoran terkait gambar seputar fitur Space ini, dan kamu juga akan mengetahui siapa saja yang masuk ke Space kamu tersebut karena tiap profil dan nama Twitter tersebut akan ditampilkan. Penyelenggara Space pun mempunyai sebuah label yang tegas, dan siapa saja yang berbicara akan ada sebuah tanda audio berwarna biru di sebelah nama mereka.

Selain itu, Space juga sedang mengetes beberapa fitur yang membuat mungkin membuat Spaces tidak hanya sekedari audio chatroom semata. Fitur-fitur yang di tes ini ada live transkripsi, reporting dan blocking dengan Spaces, membagikan sebuah tweet ke dalam Spaces, dan reaksi yang mirip dengan gerakan tangan.

Eksperimen Lanjutan Setelah Voice Tweet

Eksperimen terbaru yang dilakukan Twitter ini memang sangat baru di dunia per-“sosmed”-an. Sebelumnya, Twitter memang telah mengeluarkan voice tweets yang memungkinkan kamu membuat sebuah tweet menggunakan suara, dan menjadikan tweet seperti sebuah audio clip.

Sayangnya, fitur voice tweets ini hanya bisa dinikmati di platform iOS saja, dan masih belum menjangkau para user Android. Tentunya patut ditunggu apakah nantinya di ketika fitur Spaces ini masuk ke pasaran, Twitter juga mengenalkan fitur audio tweet ke platform Android.

Fitur voice tweet inipun juga mempunyai banyak sekali kritik, dan bagian yang disasar adalah live transkripsinya. Tetapi setelah melihat Twitter sedang mengembangkan fitur live transkripsinya di Spaces, patut ditunggu apakah ada perubahan yang berarti atau malah stagnan.

Kapan Fitur ini Bisa Dinikmati oleh Publik?

Masih belum ada pembicaraan detail mengenai kapan fitur Spaces ini bisa dilempar ke pasaran, apalagi fitur ini pun masih dalam tahap pengetesan, yang mana belum ada garansi juga fitur Spaces ini akan dirilis. Mengenai platform pun juga sama, belum ada informasi terkait apakah fitur ini dirilis di platform iOS ataupun Android atau malah kedua-duanya.

Tapi yang jelas Twitter harus sangat berhati-hati dalam mengeluarkan fitur ini, aku berharap nantinya fitur ini bisa mendapat respon positif mengingat banyak banget kritikan tajam ketika fitur Fleets dilepas ke pasaran.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang fitur Spaces dari Twitter ini?, apakah kamu setuju dan tertarik dengan fitur Spaces ini?, atau malah sebaliknya?. Tulis komentar kamu pada kolom dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.