Chat merupakan salah satu hal yang pribadi dan privat untuk kita, maka dari itu keamanan data untuk chat adalah salah satu hal terpenting. Nah, kali ini aku akan memberikan beberapa aplikasi chat yang menanam fitur private enkripsi di dalamnya, kira-kira apakah itu?. Simak daftar lengkapnya di bawah ya.

Baca Juga:

1. WhatsApp

Pada list pembuka ada Whatsapp, tidak bisa dipungkiri kalau WhatsApp merupakan aplikasi chat android paling populer sejagat raya ini. Aplikasi ini menyertakan enkripsi secara end-to-end, dan fitur di dalamnya pun cukup banyak termasuk group chats, voice calls, file sharing, dan masih banyak lagi. Sayangnya, pemilik WhatsApp adalah Facebook yang notabene kebijakan tentang privasinya sedang banyak sorotan negatif. Jadi bisa dibilang WhatsApp bukan pilihan terbaik, tetapi mungkin karena banyak user yang memakai WhatsApp, kamu bisa memelihara relasi ketika menggunakan WhatsApp. Download WhatsApp.

2. Viber

Viber merupakan aplikasi chat yang cukup populer di luar negeri. Banyak orang juga memakai aplikasi chat yang satu ini, dan kepopulerannya di dapat di luar negara Amerika Serikat. Viber menawarkan berbagai fitur antara lain enkripsi end-to-end, voice calls, video calls, text messages, group chats, dan fitur-fitur menyenangkan lainnya seperti stiker. Dengan aplikasi ini, kamu juga memungkinkan menghapus pesan dan menyembunyikan pesan. Mungkin Viber ini adalah sebuah opsi yang bagus, jika mungkin kamu gak terlalu suka dengan WhatsApp. Download Viber.

3. Threema

Jika kamu menyukai aplikasi chat android yang premium, Threema merupakan pilihan yang cukup bagus. Threema juga cukup populer di kalangan aplikasi yang menyediakan keamanan privasi, fitur-fiturnya mencakup panggilan suara yang terenkripsi dan yang unik adalah banyak hal yang biasanya dikelola di server dikelola secara lokal di perangkat pengguna, contohnya kontak. Jelas dengan ini keamanan sudah sangat terjamin, tetapi kekurangannya tidak semua daerah tercakup oleh Threema ini, untungnya Indonesia salah satu negara yang bisa menikmati aplikasi ini dan harga Rp. 44.000,00 merupakan patokan untuk menikmati layanan aplikasi chat Threema ini. Download Threema.

4. Telegram

Selanjutnya ada Telegram, pasti kamu tidak asing dengan aplikasi chat android Telegram ini. Yang membuat Telegram sangat populer sekarang ini adalah, fitur-fitur keamanannya sangat trusted dan pemiliknya pun mengklaim bahwa keamanan data dan chat adalah segalanya. Dan itu dibuktikan hampir tidak ada kasus kebocoran data atau chat selama Telegram berdiri, ini juga yang menjadi permasalahan di Indonesia karena dicurigai Telegram dipakai oleh teroris sebagai sarana komunikasi mereka. Terlepas dari itu, fitur-fitur nya pun sangat mantap mulai dari enkripsi end-to-end, group chat hingga 100.000 member, voice calls dan masih banyak lagi. Ada sebuah fitur yang cukup seru yaitu bomb messages ala-ala mission impossible yang bisa menghilang jika diberi timer. Jadi Telegram merupakan opsi terbaik untuk saat ini jika memang kamu menyukai hal-hal private. Download Telegram.

5. Signal

Terakhir ada aplikasi chat yang bernama Signal. Ya, Signal tidak sepopuler Telegram jika di dalam negeri, tetapi di luar negeri kepopuleran Signal bisa dibandingkan dengan WhatsApp. Memang sebagai aplikasi yang terhitung baru, cukup banyak masalah di dalamnya tetapi overall ini aplikasi chat yang sangat worth-it untuk kamu coba. Aplikasi ini mendukung voice chat, video calls, text messages, bahkan SMS. Pastinya semua sudah terenkripsi secara end-to-end, aplikasi ini adalah aplikasi open source loh, jadi tidak ada in-app purchases di dalamnya dan gratis, jadi tunggu apalagi buruan install Signal deh, dan jangan lupa ajak teman-teman kamu juga. Download Signal.

Oke itu tadi beberapa aplikasi chat android yang menawarkan keamanan privasi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.