Inovasi terbaru datang dari YouTube, dimana Google sebagai pengembang dari YoutTube, sedang melakukan sebuah uji coba untuk mengetes fitur berbelanja langsung dari video YouTube. Bisa dibilang kamu bisa berbelanja dengan mudah, sambil menonton video di channel favorit kamu.

Baca Juga:

Seperti yang dilaporkan dari Engadget, YouTube sedang membuat sebuah pilot program yang menyertakan link berbelanja di video tersebut. Cara kerjanya pun cukup simpel, kamu tinggal klik atau tap bagian ikon tas belanja yang letaknya di kanan bawah layar, lalu YouTube akan menampilkan daftar apa saja item yang dijual.

Nantinya, kamu akan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang barang yang akan kamu belanjakan tersebut, video, dan juga cara membayarnya. Untuk sekarang, fitur ini hanya tersedia di negara Amerika Serikat saja, dan semua platform bisa menikmati fitur ini, mulai dari Android, iOS, hingga versi webnya.

Memboosting Popularitas dari Sebuah Brand

Jelas ini dengan fitur ini nantinya akan memboosting sebuah brand entah itu brand besar ataupun brand kecil. Kerja sama dengan para influencer atau YouTuber dengan subscriber yang banyak, akan menjadi sebuah kerja sama keuntungan untuk kedua pihak.

Tidak hanya itu, bisa kita bayangkan bagaimana seorang cooking creator, ataupun gamers bisa menjual barang-barang seperti kitchen set, ataupun headset, mouse, keyboard secara langsung dari channelnya, apalagi jika konten tersebut adalah unboxing, jelas ini akan menjadi pundi-pundi pendapatan yang besar. Belum lagi mereka bisa menjual segala merchandise dengan mudah dan juga tepat sasaran karena langsung ke komunitas mereka.

Untuk brand sendiri jelas akan mendapatkan keuntungan yang besar juga. Untuk sekarang jika berbelanja di YouTube, orang harus membuka tautan yang ada di deskripsi yang tidak sama sekali efektif. Sedangkan fitur ini, kamu tidak perlu lagi keluar dari aplikasi YouTube ketika berbelanja, lagipula kamu juga mendapatkan informasi sedetail-detailnya mengenai barang yang akan dibelanjakan tersebut.

Ke-depannya Shopping akan Menjadi Lebih Mudah

Mungkin Google melihat bagaimana kesuksesan besar Facebook dengan platform belanjanya yang menggunakan WhatsApp, dan Instagram sebagai cara yang efektif. Belum lagi melihat para influencer TikTok yang sedang booming akhir-akhir ini yang juga menuai panen pendapatan yang sangat melimpah, jelas ini akan menjadi ladang yang besar juga untuk YouTube mengingan pemirsanya juga sangat melimpah.

Mungkin dengan ini kamu tidak perlu repot-repot lagi berbelanja, karena semua akan semakin mudah diakses dengan smartphone, apalagi YouTube pun akan melakukan hal yang sama.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang inovasi terbaru dari Google di platform YouTube ini?, apakah kamu setuju dengan inovasi ini?, atau mungkin malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.