Awal Desember lalu, Qualcomm resmi merilis chipset andalan mereka yakni Snapdragon 888 dengan arsitektur 5nm. Ehhh ternyata, masih ada satu kejutan yang ditutup rapat oleh Qualcomm yakni Snapdragon 870 dan hari ini chipset tersebut akhirnya resmi diumumkan ke publik!

Jika Snapdragon 888 merupakan chipset genarsi baru untuk ponsel flagship saat ini, maka Snapdragon 870 bisa dibilang adalah chipset yang khusus dibuat untuk seri budget flagship. Pasalnya, chipset ini (Snapdragon 870) menggunakan basis yang sama dengan chipset Snapdragon 865, hanya saja sudah mendapatkan peningkatan CPU.

Walaupun sama-sama menggunakan arsitektur 7nm, namun karena ada peningkatan clockspeed (dari yang sebelumnya hanya @3.1 H+GHz, kini menjadi 3.2 GHz), maka hal tersebut membuat chipset ini mendapat tenaga ekstra. Untuk sisanya, masih sama persis seperti pada chipset Snapdragon 865+ dan berikut ini adalah detail perbandingannya:

via GSMArena

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Qualcomm, sudah ada beberapa OEM yang tertarik menggunakan chipset ini diantaranya ada Motorola, OnePlus, Oppo, Xiaomi dan iQOO. Namun seperti biasa, belum ada waktu pasti kapan OEM tersebut akan meresmikan ponsel dengan chipset ini.

via Qualcomm

  Technow #51: Android 12, iPad Mini Pro, Nintendo Switch 2, Galaxy Watch Pake Wear OS..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.