Kabar terbaru datang dari Google yang akan menghentikan layanan platformnya ke smartphone yang tidak bersertifikasi. Dan Google pun sepertinya akan menghentikan layanan ini ke smartphone-smartphone tersebut pada tanggal 31 Maret 2021 Besok.

Baca Juga:

Secara perlahan, Google Messages bisa dikatakan menjadi alternatif iMessage untuk Android, terutama karena adopsi dan peluncuran pesan dengan RCS dan menambahkan beberapa fitur baru yang membuatnya amat mirip dengan iMessage milik Apple. Tapi sepertinya ada beberapa bagian yang dari Google Messages yang butuh perbaikan, dan salah satunya adalah proteksi dan keamanan.

Penghentian Sebagai Syarat RCS end-to-end encryption

Google akan memberikan sebuah fitur enkripsi secara end-to-end pada update terbaru dari Google Messages, dan syarat dari enkripsi ini tidak dapat digunakan oleh perangkat yang tidak bersertifikat. Maka dari itu, langkah penghentian layanan ke smartphone yang tidak bersertifikasi ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan fitur end-to-end enkripsi.

Seperti yang dikemukakan dari situr xda-developers, ditemukan sebuah kode string di aplikasi Google Messages pada versi 7.2.203 yang menyebutkan jika layanan untuk Android yang tidak bersertifikasi akan dihentikan pada tanggal 31 Maret 2021. Untuk sekarang versi tersebut hanya bisa dipakai untuk versi beta dan hanya terbatas orang-orang yang memakai versi terbaru dari Google Messages tersebut.

Pengertian Smartphone yang Tidak Tersertifikasi

Mungkin masih ada yang belum tahu, pengertian atau jenis smartphone yang tidak tersertifikasi tersebut. Nah, perangkat yang tidak bersertifikat ini adalah perangkat yang belum lulus proses sertifikasi resmi dari Google untuk menggunakan layanannya termasuk aplikasinya. Perangkat-perangkat ini harus melakukan sebuah sideload aplikasi Google untuk menggunakannya, jadi hal menjadi syarat yang cukup berat untuk smartphone-smartphone yang tidak menggunakan layanan Google seperti Huawei misalnya.

Tentu saja kebijakan ini masih bisa dinamis dan bisa berubah kapan pun, tetapi kemungkinan perubahan amat sangat kecil, dan tentunya bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi Google Messages dengan perangkat yang tidak tersertifikasi, kamu harus mulai mencari alternatif aplikasi chat yang lainnya.

Oke itu tadi berita seputar Google Messages, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.