Salah satu perlengkapan penting yang sering dilupakan pengguna gadget dan komputer adalah UPS. Padahal perannya penting banget untuk memastikan gadget dan komputer kita tetap awet, terus lancar selama digunakan, dan data-data didalamnya tetap aman.

Apa itu UPS dan Apa Manfaatnya?

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah peralatan yang bisa memberikan power supply emergency ketika sumber listrik utama mati atau terganggu. Jadi ketika sumber listrik utama mati, UPS bakal menggunan baterai yang dimilikinya untuk memberikan backup listrik, sehingga komputer atau gadget yang kita hubungkan tetap bisa menyala sementara. Ini memberi kita cukup waktu untuk menyimpan semua file yang sedang kita kerjakan, serta shut down komputer ataupun gadget lain yang terhubung ke UPS ini. Selain itu UPS juga bisa memastikan daya yang masuk ke perangkat elektronik kita tetap stabil, aman dari voltase naik turun.

Pengalaman Selama Gak  Pake UPS

Sebenarnya dari awal pake komputer sudah saya perlengkapi dengan UPS, tetapi ketika UPS lama saya rusak, saya tidak segera menggantinya dan terus menunda-nunda beli gantinya. Disitu saya langsung merasakan perbedaannya sewaktu masih pake UPS dan setelah tanpa UPS. Komputer saya sesekali jadi restart mendadak, ternyata voltase listrik di rumah saya cukup fluktuatif dan sering naik turun. Paling menyebalkan sih kalo tiba-tiba restart saat dipake untuk mengerjakan hal penting yang belum sempat di-save. Masih mending kalo software yang digunakan udah ada fitur auto-save nya, bisa sedikit bernafas lega — tapi begitu restart saat pake software yang belum ada fitur auto-save nya, progress kerjaan jadi banyak yang hilang. Hal yang sama juga terjadi saat listrik tiba-tiba mati, langsung buyar deh semua kerjaan. Selain itu ketika listrik mati, jadi tidak bisa lagi berinternetan di laptop / tablet karena modem di rumah jadi ikutan mati.

Tapi puncaknya terjadi hanya beberapa minggu kemudian, dimana hardisk komputer saya tiba-tiba rusak — yang mungkin karena keseringan restart mendadak. Hardisk mati dan tidak bisa diakses lagi setelah restart mendadak. Rupanya saya terlambat membeli UPS baru, dan membuat hardisk komputer bersama seluruh datanya tidak bisa diakses lagi. 

Rekomendasi UPS: APC Easy UPS BVX Series

Bersamaan dengan beli hardisk baru, akhirnya saya memutuskan untuk beli UPS baru juga. Pilihan saya saat itu adalah APC Easy UPS BVX Series, yang akhirnya karena puas dengan fitur dan performanya, saya rekomendasikan juga disini.

Jadi ada 4 varian APC Easy UPS BVX Series yang tersedia di pasaran, mulai dari yang 900 VA 480W (BVX900LI-MS), 1200VA 480W (BVX1200LI-MS), 1200VA 650W (BVX1200LI-MS), dan 1600VA 900W (BX1600MI-MS). Kalian bisa pilih sesuai dengan kebutuhan daya di rumah kalian. Harganya sendiri tergantung dari varian yang kalian pilih, mulai dari 1,1 jutaan rupiah sampai 2,7 jutaan rupiah.

 APC Easy UPS BVX Series ini punya fitur yang sangat lengkap, mulai dari:

  • Intelligent battery management
  • Battery failure notification
  • Safety-agency approved
  • Battery-protected and surge-only outlets
  • LED Indicators
  • Transformer-block spaced outlets
  • Boost Automatic Voltage Regulation (AVR)
  • Cold-start capable
  • Quick Mute
  • Voltage Sensitivity Adjustment
  • PowerChute Personal Edition Software

Bisa ditebak, begitu pake  APC Easy UPS BVX Series, segala permasalahan seperti komputer yang restart sendiri saat voltase listrik turun, data yang hilang saat listrik mati tiba-tiba, sudah tidak pernah terjadi lagi. Hal ini karena sudah ada perlindungan lonjakan listrik yang bisa diandalkan dari APC Easy UPS BVX Series ini.

Saya sendiri menghubungkan UPS ini ke beberapa device sekaligus mulai dari komputer sampai dengan modem. Jadi kalo lagi kerja dan online misalnya, selain komputer yang masih tetap bisa menyala, koneksi internet juga masih tetap nyala. Hasilnya saya bisa menyimpan dulu kerjaan yang offline, atau menyelesaikan sync dan upload kerjaan yang online sebelum akhirnya shut down komputer saat listrik tiba-tiba mati.

Ada beberapa fitur yang saya suka dari APC Easy UPS BVX Series ini, pertama ada tombol untuk mute alarm UPS. Ini handy banget kalo listrik mati tiba-tiba di malam hari, jadi bisa di mute saja biar tidak berisik. Ada notifikasi juga kalo terjadi battery failure, dan desainnya juga menarik ya — terlihat sleek, flesibel, dengan bagian depan yang juga menarik. Jadi di panel depan ada lampu hijau LED yang gak cuman bikin kita bisa mengetahui status fungsional UPS ini, tapi sekaligus juga menjadi pemanis tampilan yang bikin UPS ini terlihat keren saat menyala.

Selain itu APC Easy UPS BVX Series sudah dilengkapi dengan Type-A USB Port yang bisa kita pake untuk charging smartphone atau keperluan lainnya. Dan disini APC berani menjamin keawetan APC Easy UPS BVX Series ini dengan garansi sampai 2 tahun, dan menjual juga battery replacement nya — jadi jika suatu saat baterai nya sudah berumur dan waktunya ganti, tinggal ganti aja baterainya dengan yang baru, yang tentunya lebih hemat daripada membeli UPS baru. 

Bagi kalian yang tertarik untuk membeli APC Easy UPS BVX ini, bisa langsung membelinya melalui APC Official Store di Tokopedia

Untuk info selengkapnya mengenai APC Easy UPS BVX Series ini bisa langsung kalian lihat melalui sosial media official APC By Schneider Electric di Facebook, Instagram, dan YouTube.

Kesimpulan

UPS sangat penting untuk dimiliki, karena bisa memastikan komputer dan perangkat elektronik kita lainnya bisa lebih awet dan tetap lancar digunakan meskipun listrik sedang naik turun bahkan mati mendadak. Saya sendiri pake APC Easy UPS BVX Series dan merekomendasikan UPS ini buat kalian yang sedang cari UPS baru atau pengganti UPS lama yang sudah mulai rusak. 

Kalo punya pertanyaan atau hal lain tentang APC Easy UPS BVX Series boleh langsung saja disampaikan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat ya.