via 9to5Google

Apakah kamu adalah orang yang sering mengaktifkan alarm di ponsel Androidmu? Jika iya, pernahkah kamu meresa jika alarm yang sudah kamu setel tidak aktif atau tidak berdering sama sekali? Kalau iya, berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki alarm di ponselmu!

1. Restars ponsel

Sebelum kamu mencoba berbagai cara, alangkah lebih baik untukmu untuk merestart perangkatmu. Karena dengan melakukan restart/reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Androidmu akan terhenti. Semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada ponsel Android kamu.

2. Cek volume alarm

via GuidingTech

Semenjak Android 9.0 Pie, alarm punya volume terpisah. Jadi, pastika kamu sudah mengaturnya ke volume maksimal agar suaranya terdengar. Untuk mengatur volume alarm, silakan pergi ke Settings > Suara dan setelahnya tinggal tingkatkan volume alarm ke level max.

3. Cek notifikasi alarm

via GuidingTech

Dalam beberapa kasus, pemberitahuan dari aplikasi Jam terkadang mati secara tidak sengaja dan hal tersebut akan menyebabkan alarm ponselmu tidak berdering. Silakan kamu pergi ke Settings > Aplikasi & notifikasi, setelahnya cara aplikasi jam dan pastikan kamu mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

4. Pastikan tak berada dalam mode “jangan ganggu” atau DND

via GuidingTech

Selain notifikasi, penyebab alarm di ponselmu tak mau berdering adalah karena kamu berada dalam mode DND atau mode jangan ganggu. Jadi, sebelum kamu tertidur pulas, pastikan kamu udah menonaktifkan mode tersebut di ponselmu, agar alarm ponselmu berdering atau di pengaturan DND, kamu bisa izinkan alarm tetap berdering.

5. Clear cache dan data alarm

Kalau cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, mungkin ada masalah dengan aplikasi jam di ponselmu. Silakan lakukan clear cache dan data untuk memperbaiki masalah ini.

6. Uninstal update

Kalau seandainya clear cache dan data belum memperbaiki masalahmu, mungkin penyebabnya ada di update aplikasi tersebut. Silakan tunggu update digulirkan atau kamu bisa menghapus pembaruan yang sudah terpasang.

7. Reset App Preference

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, silakan coba reset app preferences. Opsi ini tak akan menghapus data atau file pribadi apa pun dari ponsel Androidmu. Opsi ini hanya akan mengatur ulang pengaturan seperti izin aplikasi, batasan, dll., ke nilai defaultnya.

Buat yang gak tau gimana cara melakukannya, cukup buka Settings System Reset options. Selanjutnya tinggal pilih reset app preferences dan ikuti saja langkah-langkah selanjutnya.

Itulah gaes beberapa tips untuk memperbaiki masalah alarm di ponselmu, semoga bermanfaat 😁

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.