Kabar terbaru datang dari raksasa sosial media yaitu Facebook, dimana pembuatan AI pendeteksi ujaran kebencian mereka menorehkan hasil yang sangat signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya pengurangan besar-besaran hate speech yang ada di platform Facebook. Tentu ini adalah yang bagus, terlebih lagi tahun 2020 kemarin menjadi tahun yang berat karena adanya pemilu Amerika Serikat.

Baca Juga:

Laporan ini disampaikan langsung oleh di situs blog resmi Facebook yang menunjukkan adanya penurunan besar-besaran dalam prevalensi hate speech pada kuartal terakhir tahun 2020 kemarin. Ini menunjukkan bahwa Facebook semakin serius dan efisien dalam menanggulangi konten yang menyebarkan kebencian yang menjamur di platformnya.

Hate Speech di Facebook Sekarang Dilarang

Ya, fitur ini awalnya dikeluarkan di bulan Oktober 2020 dan hal ini dibuat karena Amerika sudah masuk ke masa kampanye, yang tentunya akan banyak berisi informasi ataupun grup yang berisikan konten kebencian.

Dari setiap 10.000 views konten Facebook, hanya sekitar 7 atau 8 views yang berisikan konten kebencian. Facebook pun telah mengambil tindakan tegas terhadap 6,3 juta postingan perundungan, penindasan, dan pelecehan, angka ini mengalami peningkatan daripada kuartal ketiga yang hanya mencatat sekitar 2,5 juta postingan saja.

Facebook juga mampu menghapus lebih dari 6,4 juta konten hate speech yang teroganisir, dan ini juga sebuah peningkatan yang sangat besar jika dibandingkan kuartal sebelumnya yang hanya mencatat 4 juta konten saja. Instagram pun juga mencatat peningkatan yang sama, sekitar 6,6 juta konten yang berisikan hate speech telah di take-down, dan angka ini merupakan rekor baru yang dicatat oleh Instagram.

Tingkat proaktif Facebook pun juga mencatat hal yang serupa, dimana jika di kuartal sebelumnya Facebook mencatat 26% dan 49% untuk Instagram, maka di kuartal ketiga Facebook mencatat peningkatan 55% dan 80% untuk Instagram. Tingkat proaktif ini menunjukkan bahwa user tidak perlu lagi mereport konten tersebut, karena AI bisa langsung mentake-down sendiri konten tersebut.

AI dari Facebook ini Semakin Cerdas Dalam Mendeteksi Sesuatu

Tidak bisa dipungkiri jika AI pendeteksi hate speech ini telah memainkan peran utama dalam meningkatkan ini. Padahal AI ini awalnya digagas untuk mengurangi segala misinformasi tentang pandemi Covid-19, dan ternyata AI ini bisa dibuat untuk menyaring segala isi konten hate speech.

Bisa dibilang AI yang dibuat Facebook ini menjadi lebih cerdas daripada sebelumnya. Bukan tidak mungkin AI ini akan mendapatkan sejumlah upgrade untuk mendeteksi hal-hal lainnya, dan Facebook sendiri tidak mengisyaratkan untuk menghentikan perkembangan AI tersebut.

Lantas bagaimana pandapat kamu tentang AI dari Facebook ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.