Kabar terbaru datang dari Huawei yang akhirnya perangkat wearablenya kini bisa di dukung oleh aplikasi pihak ketiga. Seperti yang kita tahu, smartwatch dari Huawei memiliki banyak fungsi, dan menambahkan dukungan dari aplikasi pihak ketiga ini akan membuatknya menjadi lebih sempurna.

Baca Juga:

Huawei telah resmi mengumumkan hal ini ketika event MWC yang diselenggarakan di Shanghai. Dengan adanya hal ini para pengguna wearable Huawei sekarang bisa menambahkan berbagai fitur dan aplikasi ke perangkat wearable mereka.

Apa Dampak yang Terjadi Jika Smartwatches Huawei Didukung Pihak Ketiga?

Jika dijabarkan secara detail, sebenarnya Huawei ini didukung oleh OS yang poweful oleh LiteOS. Banyak tech enthusiast mengatakan bahwa LiteOS ini menjadikan smartwatches semakin fantastis, tetapi kelemahannya adalah kurangnya dukungan untuk aplikasi pihak ketiga.

Sekarang Huawei sudah mengumumkan telah memperbaiki permasalahan tersebut. Huawei sendiri membuka sebuah divisi pengembangan LiteOS untuk para developer pihak ketiga, dan melalu divisi itulah dukungan aplikasi pihak ketiga nantinya akan lebih mudah daripada LiteOS versi sebelumnya.

Huawei memulai langkah ini dengan menambahkan Fitify di varian Watch GT 2 Pro. Masih belum jelas informasi apakah ada varian smartwatches lain yang bisa mendukung aplikasi dari pihak ketiga tersebut. Tetapi yang jelas, launching dari Fitify ini merupakan salah satu langkah paling signifikan yang telah ditempuh oleh Huawei hingga sekarang ini. Sangat besar kemungkinannya jika Huawei bisa mengambil pasar Smartwatches dari para pesaingnya.

Bagaimana cara Pengembang akan Membuat Aplikasi Tersebut?

Lalu akan muncul pertanyaan bagaimana cara pengembang untuk membuat aplikasi tersebut agar support dengan LiteOS tersebut?. Pihak Huawei sendiri sudah berencana akan menawarkan sebuah kit developer integration kepada para pengembang yang ingin membuat aplikasi di platform LiteOS.

Banyak penelitian pun bilang ini adalah hasil yang cukup fair. Seperti penelitian dari Counterpoint yang mengatakan bahwa Watch GT 2 merupakan smartwatches paling lari ketiga pada paruh pertama tahun 2020. Jelas, dengan banyaknya pengguna potensial seperti ini akan sangat menguntungkan pengembang pihak ketiga ketika mereka membuat aplikasi tersebut.

Oke itu tadi berita seputar smartwatches Huawei, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.