via Sup

Huawei punya user yang amat loyal di China, maka dari itu kamu gak akan lihat penurunan yang signifikan dari Huawei walaupun digempur oleh banyak pihak khususnya Amerika Serikat. Namun, hal tersebut seketika berubah ketika ponsel 5G mulai bertebaran!

Laporan terbaru yang disampaikan oleh Counterpoint menyebutkan bahwa Huawei sudah tak lagi jadi brand #1 di China, posisinya kini diambil alih oleh Oppo! Hal ini dipicu oleh dua hal, pertama karena memang brand Oppo sendiri yang sedang berada dalam trend positif, sedangkan hal lain adalah Huawei yang tak lagi bisa menyediakan chip 5G.

Peningkatan yang dialami oleh Oppo amatlah signifikan, dimana jika dibandingkan dengan bulan Januari tahun 2020, mereka mendapatkan tambahan 26% market share. Jadi jika ditotal, saat ini Oppo ini menempati posisi pertama dengan total market share 21%, diikuti oleh vivo diposisi kedua dengan 20% dan diposisi ketiga ada Huawei yang cuma beda tipis dengan vivo.

via Counterpoint

Buat kamu yang belum tahu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Counterpoint, penjualan smartphone 5G di China meningkat sebanyak 65% selama kuartal terakhir tahun 2020 dan hal inilah yang membuat Huawei harus menyerahkan tahta mereka ke Oppo.

Huawei memang masih bisa menjual perangkat yang mendukung koneksi 5G, namun stock chip milik mereka sangatlah terbatas (apalagi setelah diberlakukannya pembatasan perdagangan antara Huawei dengan para pemasok dan desainer chip). Jadi, Huawei mengalihkan fokusnya ke pasar premium saja di mana margin keuntungan lebih tinggi (tetapi volume penjualan lebih rendah).

Nah, disitulah Oppo masuk dan mampu merebut market share milik Huawei dengan memanfaatkan momentum dari midranger andalan miliknya yakni Oppo Reno5 dan hasilnya bisa kamu lihat saat ini juga, dimana Oppo Reno5 jadi seri Reno paling sukses berkat sudah tersedianya koneksi 5G dan memiliki varian harga yang bermacam-macam.

So, gimana nih tanggapan kamu mengenai hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar.

via Counterpoint

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.