Kabar baik untuk kamu pengguna Google Pixel 2, 3, 4, 5 karena kamu bisa tetap menikmati unlimited storage untuk foto dan video di Google Photos. Jelas ini adalah sebuah berita yang luar biasa, karena beberapa bulan lalu Google telah menghentikan penawaran unlimited storage pada layanan Google Photos. Lalu apa yang membuat Google berubah pikiran?.

Baca Juga:

Latar Belakang Google Menghentikan Penawaran Unlimited Storage di Google Photos

Entah apa yang mendasari Google untuk menghentikan penawaran unlimited storage ini. Hal ini mulai efektif diberlakukan pada bulan Juni 2021, dan kamu tidak bisa lagi mengunggah dan menyimpan data dalam jumlah tak terbatas di akun Google Photos kamu. Semua file yang kamu unggah setelah tanggal ini akan dihitung dalam kuota akun Google Kamu.

Jika kamu terbukti melebihi batas yang ditentukan, maka kamu akan ditanyai untuk memilih berbayar yang menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan di Google Photos.

Pengguna Google Pixel Tetap Bisa Mendapatkan Unlimited Storage di Google Photos, tapi…

Semua perubahan ini akan dikenakan oleh semua pengguna Google Photos, tetapi ada beberapa pengecualian. Pengecualian tersebut adalah bagi kamu pengguna Google Pixel 2, 3, 4, dan 5, akan tetap bisa merasakan unlimited storage pada Google Photos meskipun sudah melewati bulan Juni 2021.

Bisa dibilang, para pengguna Pixel yang disebutkan tersebut masih bisa mengunggah semua foto dan video kualitas tinggi tanpa perlu mengkhawatirkan tentang kuota di akun Google Photos.

Tetapi yang menyedihkan adalah, tidak semua pemilik Pixel akan mendapatkan keuntungan ini. Menurut sebuah tweet dari seorang karyawan Google, hanya pengguna pixel 2, 3, 4, dan 5 yang mendapatkan unlimited storage di Google Photos. Hal ini juga menutup kemungkinan Pixel 1 untuk mendapatkan keuntungan ini, dan masih dalam tweet tersebut Pixel versi terbaru juga tidak akan mendapatkan penawaran unlimited storage tersebut.

Upload Sebanyak-banyaknya Sebelum Bulan Juni 2021

Hanya tersisa 3 bulan lagi bagi kamu untuk menikmati batas waktu free unlimited storage ini. Jadi untuk mengakali hal tersebut, ada baiknya kamu mulai sekarang mengupload semua foto dan video yang berukuran tinggi ke Google Photos, karena hal ini masih tidak dihitung sebuah kuota.

Kuota sendiri akan dihitung setelah tanggal 1 Juni 2021, jadi dalam waktu 3 bulan ini upload sebanyak-banyaknya file kamu agar nanti kamu tidak perlu membayar untuk ruang penyimpanan lebih besar yang Google tawarkan.

Jika memang kamu belum tahu cara untuk mengupload foto dan video tersebut kamu bisa mengikuti cara-cara ini. Pertama kamu buka aplikasi Google Photos > Tap profil di pojok kanan atas > Pilih Photo Settings > Tap bagian Back up & Sync > Nyalakan toggle Backup & Sync. Lalu Google Photos akan menguplad konten kamu jika ada foto dan video di smartphone kamu.

Sedangkan untuk pengguna Pixel versi yang disebutkan, kamu tidak perlu lagi repot-repot memikirkan batas waktu tersebut, karena meskipun lewat waktu deadline, kamu masih bisa merasakan keuntungan unlimited storage tersebut.

Oke itu tadi berita seputar update kebijakan Google Photos, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.