Sekarang, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan migrasi data dari satu perangkat ke perangkat lainnya karena tool baru dari Signal sudah bisa mengatasi itu semua. Salah satu kelemahan Signal adalah tidak adanya opsi langsung untuk mentransfer obrolan antar perangkat, dan dengan update terbaru ini semua keraguan terhadap Signal bisa dihilangkan.

Baca Juga:

Mentransfer Data Obrolan Signal Antar Android Bisa Dipastikan Aman

Fitur dan tools terbaru dari Signal ini pertama kali ditemukan oleh web TestingCatalog. Pada Signal beta (v5.5.0) mengenalkan sebuah tool migrasi chat untuk mentransfer data obrolan kamu ke perangkat Android lain.

Bahkan dengan alasan keselamatan dan keamana, proses transfer terjadi melalui koneksi direct Wi-Fi yang aman dan lengkap dengan enkripsi end-to-end. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan WhatsApp ataupun Telegram, dimana cadangan obrolan Signal tidak akan diunggan ke cloud terlebih dahulu dan dikembalikan ke perangkat lain. Sebaliknya, dengan tool migrasi baru ini akan memerlukan akses ke perangkat Android lama dan baru karena transfer data obrolan akan dilakukan secara lokal.

Tetapi sejauh ini fitur ini akan dilaunching di antar perangkat Android saja, dan masih belum diketahui apakah tools migrasi chat ini bisa digunakan untuk transfer data obrolan antar iOS dan Android. Meskipun terlihat cukup rumit awalnya, dengan tools migrasi chat ini sebenarnya lebih aman daripada metode yang digunakan oleh WhatsApp ataupun Telegram.

Untuk menggunakan fitur dan alat ini kamu tinggal buka aplikasi Signal, lalu buka settings > Chats > Transfer Account dan kamu bisa menemukan menu tools migrasi tersebut.

Signal Pilihan Terbaik Sebagai Platform Instant Message Kamu

Memang kelemahan Signal adalah transfer data chat. Sebelumnya Signal memang tidak se-efektif dan semudah WhatsApp ataupun Telegram. Untuk versi sekarang, kamu harus memindahkan data obrolan Signal dari perangkat Android lama ke folder tertentu di perangkat Android terbaru. Kemudian kamu harus memasukkan frasa sandi sebanyak 30 digit untuk mendeskripsi cadangan obrolan tersebut.

Tetapi dengan tools migrasi obrolan yang baru ini, akan membuat seluruh proses menjadi lebih sederhana dan mudah. Ini jelas akan membantu para pengguna baru yang ingin beralih dari WhatsApp ataupun Telegram ke Signal tanpa khawatir kehilangan data obrolan ataupun khawatir akan keamanan data saat berpindah perangkat.

Oke itu tadi berita seputar sosial media Twitter, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.