Wearable seperti smartwatch atau smartband memang sangat berguna untuk tracking olahraga atau kesehatan penggunanya, tetapi smartphone semakin hari semakin canggih. Mungkin kedepannya kamu gak butuh lagi wearable, karena saat ini smartphone juga sudah bisa kamu gunakan untuk memantau kesehatan kamu loh!

Google, beberapa waktu lalu baru saja menambahkan sebuah fitur menarik ke aplikasi Google Fit. Fitur tersebut memungkinkan kamera ponsel untuk memantau detak jantung kamu. So, kalau kamu gak punya wearable berupa smartwatch dan smartband, kamu bisa gunakan fitur ini langsung dengan memanfaatkan kamera ponsel kamu. Buat kamu yang gak tau caranya, mending kamu cek langsung langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu buka aplikasi Google Fit di ponsel kamu
  2. Selanjutnya scroll ke bawah hingga menemukan opsi cek detak jantung dan ikuti langkah-langkah yang sudah disiapkan oleh Google
  3. Jika nantinya aplikasi tersebut mengakses kamera ponsel kamu, dekatkan (posisikan) jari kamu di lensa kamera dan pastikan penerangkan kamu cukup. Jika kurang, maka kamu bisa nyalakan flash ponsel kamu
  4. Tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar
  5. Done

DroidPoin sih gak terlalu yakin kalau hasil yang disampaikan fitur Google Fit ini bakal akurat hingga 100% (berbeda dengan smartwatch ataupun smartband yang memang memiliki sensor tertentu). Tapi dengan adanya fitur ini, kamu setidaknya punya gambaran berapa sih denyut jantung kamu saat ini.

Semoga bermanfaat 😁

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.