Google ternyata sudah menggulirkan update Android 12 Developer Preview yang kedua sejak kemarin gaes. Jika dibandingkan dengan versi developer preview 1, ada beberapa perubahan signifikan diupdate kali ini!

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Google, update ini berfokus pada perubahan API, khususnya untuk ponsel yang memiliki layar membulat. Berikut ini adalah hal baru yang akan kamu temukan di Android 12 Developer Preview 2:

  • API baru untuk layar membulat: Saat ini, ada banyak sekali ponsel yang mengusung desain layar lengkung, mengurangi ukuran bezel serta memberikan tampilan yang “lebih bersih” secara subyektif. Karena ukuran kurva tersebut bervariasi, Google meluncurkan API baru yang dapat mencari tahu dengan tepat bagaimana sudut-sudut layar tersebut melengkung dan menyesuaikan konten dengan lebih baik.
  • New app overlay controls: Pengembang yang membuat aplikasi untuk Android 12 dapat menyatakan bahwa konten tertentu tidak dapat ditarik. Hal ini diyakini akan meningkatkan keamanan user dari aplikasi berbahaya.
  • Peningkatan Mode Picture-in-Picture
    • Android 12 Developer Preview 2 menampilkan transisi yang lebih mulus untuk mode PiP yang muncul selama gerakan beranda dalam navigasi gerakan.
    • Picture-in-Picture “stashing” sudah ditambahkan dalam Android 12 Developer Preview 1, sekarang fitur tersebut sudah berfungsi di Android 12 Developer Preview 2 yang mana  memungkinkan kamu untuk menyembunyikan jendela tersebut sedikit di luar layar saat kamu fokus pada aplikasi tertentu.
    • Ketuk sekali untuk menampilkan kontrol PiP, ketuk dua kali untuk mengubah ukuran jendela PiP.
    • Pengubahan ukuran PiP tanpa batas: Aplikasi dapat memberi tahu sistem bahwa konten mode PiP mereka dapat disesuaikan secara dinamis bila diperlukan.
  • Opsi keamanan layar kunci: Tidak jelas seberapa besar perubahan ini terhadap pengembang. Tapi di Android 12 Google akan menambah lebih banyak perincian untuk mengunci interaksi layar. Misalnya ketika melihat notifikasi tanpa autentikasi tetapi dibatasi dari interaksi tombol notifikasi hingga Anda memberikan pengaman tombol, dll.
  • Peningkatan pelacak kebugaran: Aplikasi yang mengelola pelacak kebugaran atau wearable yang terhubung sehingga dapat memberi tahu sistem untuk membangunkannya ketika perangkat tersebut terhubung, dan aplikasi tersebut akan tetap aktif saat perangkat tersebut berada di dekatnya.

Itulah sebagian kecil hal baru yang ada di Android 12 Developer Preview 2. Tapi jika nantinya DroidPoin menemukan hal baru menarik lainnya di update kali ini, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.