Kabar terbaru datang dari Telegram yang menyematkan sebuah fitur yaitu unlimited voice chat. Dengan fitur ini, kamu bisa merasakan obrolan voice tanpa batasan para peserta, selain itu fitur ini bisa kamu gunakan di semua channel entah itu publik ataupun private. Satu pertanyaan besar, apakah ini langkah Telegram untuk bersaing dengan Clubhouse?

Baca Juga:

Perkenalkan, Telegram Voice Chat 2.0!

Seperti yang dilansir dari Telegram Blog, proyek voice chat ini diberi nama Voice Chats 2.0 dengan peningkatan fitur voice chats untuk mengaktifkan lebih banyak koneksi ke semua orang di hampir seluruh channel Telegram.

Para administrator channel Telegram akan memiliki sebuah opsi untuk meluncurkan voice chat bagi para subscriber channel tesebut. Setelah aktif, maka setiap subscriber tersebut akan memiliki sebuah opsi untuk bergabung dengan voice cha tersebut.

Para administrator mampunyai hak untuk mengontrol percakapan, mereka bisa membisukan para pengguna tersebut hingga tiba giliran mereka berbicara. Jika ada pengguna yang ingin berbicara, maka peserta tersebut dapat menggunakan sebuah opsi angkat tangan untuk berbicara, lalu akan opsi tersebut akan disampaikan ke admin channel.

Telegram Voice Chats 2.0 ini juga sudah ditingkatkan dan fitur juga mampu untuk merekam suara di dalam channel untuk diputar kembali ke depannya. Tidak hanya itu, untuk kepentingan privasi akan ada sebuah indikator lampu merah sebagai pengingat di samping ikon gambar peserta. Hal ini untuk membantu para pengguna lain dan administrator untuk melacak siapa yang merekam percakapan tersebut.

Untuk proses invite-nya pun Telegram sudah mempermudah. Jadi para pemilik channel publik atau private tersebut dapat membuat sebuah tautan untuk membuka voice chat secara langsung, dan bukan hanya undangan ke saluran tempat percakapan sedang berlangsung. Tentu, cara ini lebih mudah jika dibandingkan dengan Clubhouse yang cukup ribet dalam mengundang member.

Bisakah Fitur Telegram Voice Chat 2.0 ini Menyaingi Clubhouse?

Telegram sendiri tidak bilang secara frontal bahwa fitur ini ditargetkan untuk menyaingi Clubhouse. Tetapi melihat semua fitur dan kemampuan Voice Chat 2.0 ini, sudah menjadi yang jelas jika mereka menargetkan Clubhouse.

Ya, Clubhouse memang telah menggemparkan dunia dan hingga sekarang ini, mereka telah mengumpulkan jutaan pengguna dalam kurun waktu yang sangat singkat. Meskipun sekarang Clubhouse hanya berada di platform iOS saja, tidak menutup kemungkinan kalau mereka akan melebarkan sayapnya ke platform Android.

Tetapi yang menjadi permasalahannya adalah, kualitas keamanan dari Clubhouse sendiri patut dipertanyakan. Belum ada sebuah jaminan setiap apa yang dilakukan di dalam aplikasi tersebut aman, entah itu data pribadi ataupun catatan rekaman ketika audio chat tersebut digunakan.

Sedangkan Telegram memang sudah lama terkenal akan keamanannya dan hal inilah yang menjadi salah satu nilai plus yang didapatkan Telegram. Malah jika dibandingkan dengan Twitter, Facebook, Instagram yang juga “latah” dengan fitur ini, Telegram masih terdepan dalam menjaga keamanan para usernya ketika menggunakan fitur-fitur di dalam platformnya.

Inilah yang menjadi modal penting bagi Telegram dalam menggaet pengguna untuk meramaikan persaingan audio chat platform yang sekarang digemari banget oleh pengguna sosial media belakangan ini.

Selain itu, Telegram juga sudah mendapatkan base pengguna sekitar 500 juta orang. Tentunya ini adalah pasar yang sangat besar bagi Telegram untuk segera mengeksekusi fitur ini, terlebih lagi Clubhouse masih belum ada tanda-tanda membuat aplikasinya ke platform Android, dan baik Twitter, Facebook, dan Instagram pun masih terkendala dengan pengembangan, diperkirakan mereka masih lama untuk mereksmikan platform audio chat versi mereka.

Lalu jika ditanya apakah Telegram bisa bersaing langsung dengan Clubhouse?, jawabannya sangat bisa dan sangat besar kemungkinan Telegram bersaing langsung dengan Clubhouse karena modal-modal yang dipunyai Telegram tersebut.

Oke itu tadi berita seputar Telegram, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.