Kabar terbaru datang dari Spotify yang telah meluncurkan sebuah situs yang bernama Loud & Clear. Lalu apa sih Loud & Clear itu?, fungsinya sebagai apa?. dan masih banyak pertanyaan sejenisnya. Oke, kita coba bahas apa itu Loud & Clear ini secara singkat.

Baca Juga:

Mungkin kamu masih ada yang belum mengerti bagaimana industri streaming musik ini berlangsung. Bahkan banyak diantara musisi tersebut merasa mereka tidak mendapatkan sebuah bayaran yang cukup untuk kerja keras mereka. Spotify mencoba untuk mengungkapkan seberapa besar sih bayaran kepada para artis, dan mengapa banyak artis yang merasa tidak adil dalam pembagian “kue” jika dibandingkan artis yang lain.

Untuk menjawab hal ini, Spotify telah meluncurkan sebuah website yang diberi nama Loud & Clear. Tujuan dari dibuatnya website ini adalah untuk menambah transparansi keuangan dan pendapatan di industri streaming musik yang memang akhir-akhir ini sangat meroket.

Bagaimana Pembagian “gono-gini” di Spotify

Seperti yang dibahas diatas, Loud & Clear dibuat untuk meningkatkan transparansi dengan berbagi sebuah data baru tentang ekonomi streaming secara global yang secara langsung dan mem-breakdown sistem royalti bagi para stake holders maupun prosesnya.

Tujuan utama dari web ini bukan untuk mengetahui jumlah persis pendapatan atau banyaknya uang yang diraup oleh artis di Spotify. Jelas data tersebut sangat pribadi, dan meskipun kita dapat memperkirakan berdasarkan angka streamingnya, tetapi angka tepatnya bergantung pada kontrak yang berlaku.

Namun, di website ini kamu dapat melihat sejumlah data dalam sebuah konteks. Spotify telah mengklaim bahwa mereka telah membayar royalti lebih dari $ 5 miliar kepada pemegang hak pada tahun 2020 saja. Sejak diluncurkan tahun 2008, Spotify total membayarkan $ 23 miliar kepada para pemegang hak tersebut.

Kamu bisa menggunakan panduan interaktif di dalam situs tersebut untuk melihat berapa banyak artis dapatkan di Spotify dalam batas waktu tertentu. Misalnya, 184.000 artis pada tahun 2020 berhasil menghasilkan royalti lebih dari $ 1.000, dalam puncak skala tersebut. sekitar 870 artis bisa menghasilkan lebih dari $ 1 juta.

Selain itu, ada juga sebuah tool dimana kamu bisa memasukkan sejumlah lagu yang di stream atau monthly listener untuk melihat perbandingannya dengan artis lain. Berdasarkan lagu yang telah di-streaming satu juta kali, maka akan langsung masuk dalam daftar 551.000 lagu teratas di Spotify global.

Memang ini Adalah Website Transparansi, Tetapi Akankah ini Menjawab Keraguan?

Jelas kita harus apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Spotify ini. Para fans pun juga bisa melihat langsung bagaimana cara kerja dan pembagian penghasilan apakah sudah adil atau tidak.

Selain itu, jika kamu memiliki sejumlah pertanyaan lain, kamu bisa mengaksesnya di situs Loud & Clear tersebut. Pihak Spotify pun akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara transparansi dan tidak akan ada tendensi apapun. Jika kamu memang memiliki banyak pertanyaan seputar Spotify, kamu bisa masuk disini.

Oke itu tadi berita seputar Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.