Photo by ROBERT HAUSMANN | via eventfotografen

Persaingan antara Intel dan AMD hingga saat ini masih terus berlangsung dan mungkin Intel udah mulai kewalahan. Menariknya, skenario yang sama juga sedang terjadi di sektor chipset, dimana persaingan antara Qualcomm dan MediaTek mulai masuk ke babak baru. Laporan terakhir menyebutkan bahwa MediaTek berhasil menggeser Qualcomm sebagai pemasok chip no. 1 di dunia!

DigiTimes melaporkan bahwa MediaTek berahasil menjadi pemasok chip no.1 bukannya tanpa alasan, selama tahun 2020 MediaTek berhasil memasarkan sekitar 351.8 juta unit chip ke OEM dan sebagai pembanding, pada tahun 2019 MediaTek cuma menjual sekitar 238 juta unit. Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, dimana ada peningkatan market share dari 17.2% di tahun 2019 ke 27.2% di tahun 2020 (market share chipset MediaTek meningkat 10%).

Uniknya, bukan Oppo ataupun Realme yang jadi lumbung terbesar meroketnya penjualan chip MediaTek, padahal kedua brand tersebut memang seringkali merilis ponsel dengan chip MediaTek. Ternyata, Xiaomi lah yang jadi sumber meroketnya penjualan chip MediaTek dengan total 63,7 juta perangkat, kemudian disusul oleh Oppo dan Realme yang jika dikombinasikan berhasil menjual sekitar 83.2 juta perangkat.

Untuk tahun ini, MediaTek diprediksi bakal mengalami peningkatan lagi, bahkan mungkin jauh lebih besar dari sebelumnya. Apalagi setelah Honor lepas dari Huawei dan dipastikan tak akan mengugnakan chip Kirin.

So, gimana nih tanggapan kamu mengenai hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar yah!

via Digitimes

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.