via @OnLeaks

Rumor dibatalkannya Pixel 5a sudah terdengar sejak awal bulan ini, hal tersebut terjadi dikarenakan keterbatasan pasokan chipset atau yang lebih dikenal sebagai fenomena chip shortage. Namun, berdasarkan laporan terbaru yang disampaikan oleh 9to5Google, Pixel 5a tetap akan dirilis walaupun fenomena chip shortage tengah berlangsung!

Kalau dari keterangan 9to5Google, Pixel 5a nantinya akan berganti nama menjadi Pixel 5a 5G (gak tau apakah ada varian 4G juga atau memang cuma varian 5G aja yang akan dijual Google). Tapi dikarenakan adanya fenomena chip shortage, penjualan perangkat ini diyakini akan sangat terbatas dan wilayah penjualannya pun sudah dikonfirmasi Google yakni cuma di Jepang dan Amerika Serikat.

Ada yang menarik dari hal ini, dimana makin lama penjualan perangkat Google makin mengerucut di beberapa pasar saja. Sebelumnya, ketika Google merilis Pixel 4a 5G dan Pixel 5, kedua perangkat tersebut dipasarkan cukup terbatas di beberapa negara dan di seri Pixel 5a 5G, penjualan ponsel ini amat sangat terbatas dan cuma dua negara saja yang bisa menikmati perangkat ini.

Terlepas dari fenomena chip shortage, market share dari Pixel saat ini memang sedang terjun bebas, laporan tahun 2020 menyebutkan bahwa Pixel series kehilangan market share hingga 50%. Mungkin cara ini (penjualan ponsel secara terbatas) adalah salah satu langkah Google untuk menekan angka kerugian akibat dari pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

via 9to5Google

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.