via Mobzilla

Setelah Nokia (yang bangkit kembali dengan nama HMD Global), kini giliran LG yang dipastikan meninggalkan pasar smartphone. Ada banyak faktor yang membuat LG kolaps, tapi kali ini kita gak akan membahas hal itu karena pada kesempatan kali ini DroidPoin ingin sedikit flashback mengenai inovasi apa saja yang pernah LG bawa ke ranah smartphone!

Kira-kira apa aja ya? Berikut ini adalah detail lengkapnya:

  1. Ponsel layar sentuh kapasitif (LG Prada- 2006)
    • Kalau kamu kira Nokia atau brand ponsel lain adalah yang pertama melahirkan ponsel layar sentuh, maka kamu gak sepenuhnya salah. Memang kala itu sudah beredar beberapa ponsel layar sentuh, hanya saja masih membutuhkan bantuan stylus untuk pengoperasiannya. Lalu datanglah ponsel LG yang saat itu berkolaborasi dengan Prada, kalau kamu gak tahu LG Prada merupakan ponsel dengan teknologi layar sentuh kapasitif pertama yang bisa dioperasikan dengan sentuhan jari.
  2. Layar Oled yang fleksibel (LG G Flex – 2014)
    • Saat ini banyak brand yang menggunakan edge display di seri ponsel premiumnya dan tahukah kamu kalau sebenarnya yang mencetuskan hal tersebut adalah LG dengan ponsel LG G Flex. Ponsel ini hadir dengan layar OLED fleksibel yang melengkung, sehingga pas dalam genggaman dengan nyaman untuk panggilan telepon.
  3. Smartphone modular (LG G5 – 2016)
    • Awalnya banyak orang beranggapan kalau ponsel modular bakal jadi trend di masa mendatang dan LG mencoba peruntungan tersebut dengan merilis LG G5. Antusiasme masyarakat terhadap LG G5 kala itu luar biasa bagus, namun karena eksekusinya masih setengah matang jadi ponsel ini pun gagal total, bahkan suksesor dari LG G5 kembali menggunakan konsep smartphone pada umumnya.
  4. Ultra-wide kamera (LG G5 – 2016)
    • LG G5 bukan cuma sekedar ponsel unik dengan konsep modular, tetapi juga ponsel yang mencetuskan lensa ultra-wide yang saat ini digunakan di hampir setiap smartphone. Bahkan, LG menyempurnakan hal ini di LG V10 dimana mereka menyematkan lensa ultra-wide di kamera selfie.
  5. Quad DAC (LG V20 – 2016)
    • Perlahan tapi pasti, yang awalnya hanya berfokus pada kamera LG mulai merambah penggila audio dengan merilis LG V20 yang dilengkapi dengan quad-DAC terintegrasi untuk pemutaran audio berkualitas tinggi. Inovasi ini mungkin tidak disukai oleh semua orang, tetapi audiofil menyukai suara yang dihasilkan dari LG V20.
  6. Smartphone layar ganda (LG V20 – 2016)
    • Siapa bilang kalau ponsel dengan dual layar baru ditemukan akhir-akhir ini, sebenarnya LG sudah memulai inovasi tersebut sejak tahun 2016 di seri LG V20. Ponsel ini memiliki dual layar, dimana layar utama untuk pengoperasian ponsel dan layar satunya (yang berukuran kecil di bagian atas) sebagai shortcut sekaligus layar yang fokus untuk menampilkan berbagai notifikasi. Hal ini kemudian disempurnakan lagi oleh LG di seri LG G8X, yang mana disediakan semacam cover untuk menampilkan layar ganda.
  7. Smatphone dual layar dengan bentuk “T” (LG Wing- 2020)
    • Ponsel ini baru saja diperkenalkan tahun lalu dan harus di akui punya konsep yang unik. Sayangnya, LG Wing tidaklah praktis dalam penggunaan sehari-hari, tapi kalau untuk nge-game masih okelah. Namun, mengingat bagaimana tingkat kesulitan ketika merakit ponsel ini serta desainnya yang mewah, maka kamu harus merogoh kocek yang dalam juga yakni sekitar Euro 1.099 atau hampir 20 jutaan.

Nah, itulah gaes beberapa inovasi yang pernah LG bawa ke ranah smartphone. Mana nih menurutmu yang paling keren dan paling berkesan? Sampaikan langsung di kolom komentar yah.

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.