Manga atau yang seringkali disebut komik dari jepang, memang menjadi sebuah ledakan trend hingga saat ini. Setelah era Naruto dan Bleach yang telah tamat, mereka digantikan oleh era manga baru yang juga cukup powerful seperti Attack on Titan, Fairy Tail, Demon Slayer dan masih banyak lagi. Tetapi jangan salah, masih banyak manga-manga lain yang mempunyai jalan cerita dengan manga-manga mainsream. Nah, aku sudah membuat daftar aplikasi penyedia Manga terbaik untuk saat ini, langsung aja ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. Amino: Anime and Manga

Amino: Anime and Manga sebenarnya adalah sebuah jejaring sosial yang membahas seputar manga dan anime. Di dalam aplikasi ini tentunya kamu bisa menjelajahi apa yang menjadi tren sekarang ini, menemukan sebuah rekomendasi komik atau manga, dan menemukan hal baru. Di dalam aplikasi juga kamu bisa ikut dengan beberapa komunitas anime, manga, music/band, hingga cosplay. Untuk masalah interface, aplikasi ini mempunyai desain dan yang simpel dan mudah untuk dioperasikan. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan tidak akan ada In-App purchases maupun iklan di dalamnya. Download Amino: Anime and Manga.

2. Comic Trim

Comic Trim merupakan salah satu aplikasi terbaru pada daftar ini. Aplikasi Comic Trim ini mendukung berbagai layanan seperti RAR, CBZ, CBR, ZIP, image folder, dan PDF. Ya, ekstensi inilah yang seringkali digunakan oleh ketika membaca sebuah manga. Aplikasi ini sangat disarankan untuk para pembaca manga yang sudah mempunyai sebuah koleksi dan juga mencari sebuah tempat membaca manga yang proper. Selain itu, kekurangan dari aplikasi ini adalah kurangnya rekomendasi manga dari manga-manga yang undergroud dan kebanyakan manga yang ditampilkan pun dari manga mainstream. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan pada versi gratisnya ini kamu akan mendapatkan fitur yang cukup banyak seperti night reading mode, magnifying glass mode, gesture control, dan masih banyak lagi. Untuk versi premiumnya, jelas kamu akan membuka banyak fitur salah satunya bebas iklan. Download Comic Train.

3. Comixology

Comicxology merupakan aplikasi manga atau komik dengan banyak banget penawaran. Pada dasarnya, aplikasi ini dibuat untuk para penggemar komik biasa seperti Marvel atau DC, tetapi aplikasi ini juga memiliki pilihan manga yang cukup bagus untuk kamu baca. Selain itu, aplikasi dibangun secara spesifik untuk membaca sebuah komik dengan gaya literatur. Ini akan membuat para fans manga bisa mengakses sebuah manga atau komik dengan sangat mudah hanya dengan menggunakan smartphone maupun tablet. Untuk masalah harga, aplikasi Comixology ini cukup terjangkau, dan ada beberapa bacaan manga yang gratis untuk kamu lihat. Jadi berbayar ataupun gratis kamu tetap mendapatkan banyak manfaat di dalam aplikasi ini. Download Comixology.

4. Manganmo

Manganmo merupakan salah aplikasi manga android terbaru di jajaran daftar ini. Di dalam Manganmo ini, ada lebih dari 1.000 judul manga yang siap untuk kamu baca. Bahkan ada beberapa manga yang sangat populer seperti Attack on Titan, Fairy Tail, The Seven Deadly Sins, dan masih banyak lagi. Lebih hebatnya lagi, aplikasi ini 100% persen legal, dan kamu juga bisa berkontribusi kepada mangaka ataupun industri manga secara keseluruhan. Biaya berlangganannya pun cukup murah (jika kamu tertarik berlangganan) dan hanya dikenai sekitar Rp. 73.000,00 saja di tiap bulannya. Kekuarangannya mungkin ada beberapa bug minor dan major yang menjadi noda di aplikasi ini, tetapi jika dinilai secara keseluruhan, aplikasi ini sangat aku rekomendasikan untuk kamu semuanya. Download Manganmo.

5. MangaToon

Mangatoon bisa dibilang mempunyai database manga yang lebih luas dan hampir setiap konten manga ada di dalaman MangaToon ini. Bahkan jika kamu mempunyai sebuah hobi membuat manga, kamu pun bisa mengupload hasil karya kamu di aplikasi ini dan jika berhasil kamu pun bisa mendapat bayaran dari karya kamu tersebut. Jelas, ini adalah sebuah aplikasi maupun platform yang ramah bagi orang-orang kreatif yang ingin mencoba terjun ke dalam publikasi manga. Sedangkan untuk sisi pembaca, kamu juga bisa menikmati manga dengan sistem kategori dan juga sistem favorit untuk memudahkan penelusuran dan recall manga. Kamu juga bisa mengunduh seluruh bab dan membacanya secara offline jika kamu mau. Di dalam aplikasi MangaToon ini akan menggunakan transaksi memakai sistem koin, tentu saja kamu harus menukarkan uang dengan koin tersebut, tetapi jangan khawatir karena harganya pun tidak terlalu mahal. Download MangaToon.

6. WebComics

WebComics mungkin mempunyai konsep yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan manga. Tetapi kamu tetap bisa menikmati apapun konten di dalam aplikasi WebComics ini. Bisa dibilang, WebComics adalah sebuah website besar dengan kumpulan-kumpulan webcomic yang super duper banyak. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur dan salah satunya adalah HD download. Aplikasi ini memang cukup premium dalam menawarkan pembayaran, kamu bisa memilih salah satu diantara tiga pilihan yaitu In-App purchases, single comic purcases atau layanan berlangganan untuk bisa menikmati manga atau komik. Banyak banget konten yang bisa kamu pilih dan tentunya hasil pembayaran tersebut akan membantu para mangaka atau konten kreator lebih semangat dalam membuat sebuah karya. Download WebComics.

7. Line WebToon

Terakhir ada Line WebToon, pada aplikasi ini kamu bisa menemukan webtoon tidak hanya dari Jepang saja, tetapi berbagai negara mulai dari Korea Selatan hingga buatan Indonesia. Untuk jalan cerita sendiri mempunyai originalitas yang kuat dan mungkin bisa dibandingkan dengan cerita manga-manga yang ada di pasaran. Tentu ada banyak daftar webtoon yang bisa kamu lihat dan tentunya kualitasnya pun diatas rata-rata. Buruan deh download Line WebToon dan nikmati semua konten yang ada di dalamnya. Download Line WebToon.

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi manga terbaik Android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.