Semakin hari kemajuan internet semakin berkembang dengan sangat pesat. Melakukan sesuatu hal sangatlah mudah, contoh besarnya adalah berbelanja, atau mungkin melakukan sesuatu seperti m-banking misalnya. Hal itu kini semakin dipermudah karena adanya smarphone yang selalu kita pakai ketika membutuhkan hal-hal tersebut.

Baca Juga:

Tapi nyatanya, dengan kemajuan internet yang semakin maju, jelas keamanan intenet juga harus sering ditingkatkan. Banyak hal-hal negatif yang seringkali terjadi jika kita tidak awas dengan keamanan kemungkinannya antara lain adalah pencurian data atau mungkin terkena sebuah malware jahat. Nah, kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi keamanan terbaik android saat ini. Kita langsung ke daftarnya ya!.

1. Bitwarden Password Manager

Bitwarden Password Manager merupakan aplikasi keamanan yang simpel dan gampang untuk digunakan tetapi aplikasi ini sangat efektif untuk menampung segala macam password penting ke dalamnya. Aplikasi Bitwarden Password Manager ini mempunyai fitur 256-bit AES enkripsi yang dilengkapi dengan salted hashing dan PBKDF2 SHA-256. Jelas dengan fitur seperti ini, keamanan password kamu akan dijamin sepenuhnya. Selain itu, aplikasi ini juga mampu me-generate sebuah password dan juga bisa melakukan sinkronisasi antar perangkat. Kamu tidak perlu khawatir akan enkripsinya, bahkan Bitwarden sendiri tidak bisa mengakses informasi yang kamu punya. Aplikasi ini adalah aplikasi open source, jadi kamu bisa menggunakannya secara gratis, jadi tunggu apalagi mending kamu coba sendiri deh. Download Bitwarden Password Manager.

2. Bouncer

Bouncer bisa dibilang adalah aplikasi keamanan android paling baru pada daftar ini. Pada dasarnya aplikasi mengatur segala bentuk permissions di smartphone kamu. Contohnya terkadang kamu ingin memberikan sebuah akses permissions sementara pada sebuah aplikasi, tetapi kamu tidak ingin aplikasi tersebut memiliki permissions sepanjang waktu, dan disinilah fungsi dari Bouncer tersebut. Aplikasi ini bisa kamu gunakan pada Facebook dimana kamu bisa mengijinkan sementara waktu dan secara otomatis permissions tersebut akan dihapus. Jadi kamu bisa secara bebas menjelajah sebuah aplikasi tanpa khawatir akan keamanan. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara berbayar, dan kamu tinggal menebusnya dengan harga Rp. 28.000,00 saja tentunya ini adalah harga yang sangat murah dan worth-it untuk kamu gunakan. Download Bouncer.

3. Find My Device

Kehilangan smartphone, merupakan hal paling lumrah dan yang paling menyebalkan terkadang kita kehilangan smartphone entah itu akibat kecerobohan kita atau tercuri. Nah kamu gak usah khawatir dengan hal tersebut, kamu bisa menginstall Find My Device di smartphone kamu, tetapi ada kok smartphone yang langsung ada aplikasi ini, aplikasi ini juga cukup akurat dalam memberikan sebuah titik lokasi jadi bisa dibilang ini adalah aplikasi yang harus ada di smartphone kamu. Download Find My Device.

4. Firefox Focus

Kalau misalnya kamu ingin menjaga keamanan ketika surfing di internet, mungkin aplikasi ini bisa kamu install di smartphone kamu. Aplikasi ini bisa memfilter semua tracking app, memblok iklan, memblok cookies dan pokoknya keamanan privasi kamu akan terjamin aman ketika menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pencarian dengan aman dengan private mode yang mampu menghapus seluruh riwayat browsing dan mengaktifkan mode Tracking Protection yang mampu memblok lebih dari 2.000 tracker secara otomatis. Selain aman, aplikasi ini juga tergolong cepat untuk sebuah browser. Aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis tanpa dipungut biaya sedikit pun. Download Firefox Focus.

5. GlassWire

Selanjutnya ada aplikasi keamanan android GlassWire. Aplikasi GlassWire ini membantu mengontrol pemakaian data internet, dan kamu akan mendapatkan sebuah live graph tentang seberapa banyak data yang tersedot. Jika memang ada aplikasi yang menyedot banyak data, maka akan muncul sebuah peringatan, ini menjadi aplikasi yang bagus untuk memonitoring aplikasi mana saja yang menjadi pemborosan data dan mungkin saja kamu bisa mendeteksi sebuah aktivitas mencurigakan karena menyedot data internet kamu secara berlebihan. Download GlassWire.

6. DuckDuckGo

Selanjutnya ada aplikasi browser android DuckDuckGo. Ya aplikasi ini cukup bagus dan independen karena tidak menggunakan Google dan Bing sebagai acuan. Jadi kalau misalnya kamu ingin mencari sumber berita dari sudut pandang lebih luas, kamu bisa mempertimbangkan DuckDuckGo ini. Fitur keamanannya pun cukup bagus kok, aplikasi ini mampu memblok semua tracker dari pihak ketiga, dan lebih hebatnya lagi DuckDuckGo mempunyai search engine sendiri, dan mengklaim bahwa mereka memastikan keamanan privasi kamu. Download DuckDuckGo.

7. Resilio Sync

Terakhir ada Resilio Sync, dimana kamu bisa menciptakan sebuah cloud storage sendiri. Aplikasi ini mempunyai kinerja yang mirip banget dengan Google Drive atau Dropbox, ini bagus banget untuk menyimpan data-data penting kamu. Aplikasi Resilio Sync ini juga termasuk aplikasi yang gampang digunakan loh, bahkan bagi pemula. Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi yang cukup underrated, padahal kegunaanya sangat penting, terlebih lagi jika kamu tidak begitu percaya dengan keamanan Google Drive atau Dropbox tersebut. Download Resilio Sync.

Oke itu tadi beberapa aplikasi keamanan android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.