Home Editorial Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Rumor: Inilah Jadwal Update Android 7.0 Nougat untuk Sony Xperia

Salah satu permasalahan pada Android yang seringkali dialami penggunanya adalah semakin sering kamu gunakan maka ponsel/tablet Android kamu akan semakin lambat dan performanya akan berkuraang cukup drastis.

Sebenarnya sudah banyak sekali pembahasan mengenai hal ini, namun tidak semuanya benar. Ada beberapa hal yang justru akan membuat Android kamu menjadi terasa lebih berat.

Nah, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberitahu kamu semua tentang beberapa hal yang bisa benar-benar membuat ponsel ataupun tablet Android kamu menjadi lebih cepat.

#1 Tutup dan batasi aplikasi yang berjalan di background

Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Yap, inilah hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin Android kamu terasa lebih cepat. Selain bisa mengurangi pemakaian RAM pada ponsel kamu, cara ini juga bisa membuat baterai pada Android milikmu menjadi lebih hemat.

#2 Sisihkan sedikit ruang pada penyimpanan milikmu

Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Tentunya semakin sering kamu menggunakan perangkat Android maka semakin banyak pula ruang penyimpanan yang kamu gunakan. Agar nantinya Android kamu tak lelet maka sediakanlah sedikit ruang agar cache dan data pada Android milikmu tidak memenuhi seluruh penyimpanan dan lakukanlah clear cache dan data dengan teratur.

#3 Kurangi penggunaan widget

Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Home screen yang penuh dengan aplikasi ataupun widget, sangat mempengaruhi proses di home screen, RAM pun akan terkuras. Solusinya, buatlah home screen di layar Android kamu sesederhana mungkin, dengan menaruh satu dua widget penting saja, atau jika bisa jangan gunakan widget sama sekali.

#4 Jangan gunakan animasi

Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Menggunakan animasi dengan efek tertentu ketika bergeser atau scrolling pada launcher, akan membuat performa menjadi lamban. Sebaiknya hindari penggunaan animasi ini pada pengaturan launcher yang kamu miliki.

#5 Lakukan Restart (reboot) pada Android

Inilah Beberapa Hal yang Benar-Benar Membuat Android Menjadi Lebih Cepat

Cara terakhir dan paling simple menurut DroidPoin adalah dengan melakukan restart (reboot), jika bisa lakukanlah reboot pada ponsel Android kamu seminggu sekali. Karena dengan melakukan hal ini kamu dapat membersihkan cache, menghentikan aplikasi yang tidak perlu berjalan (berjalan di background), dan tentunya dapat melancarkan lagi performa Android kamu.

Namun, ada juga beberapa hal yang harus kamu hindari jika ingin Android milikmu tetap berjalan dengan lancar, jika hal ini tak kamu hiraukan maka solusi yang DroidPoin berikan diatas akan terasa percuma!

Dan hal yang harus kamu hindari jika ingin Android milikmu tetap berjalan dengan lancar akan DroidPoin beritahukan nanti, jadi pastikan kamu selalu kunjungi DroidPoin.

Oh iya, jika Android kamu sudah benar-benar lemot, mungkin kamu juga bisa mencoba beberapa rekomendasi hal yang harus kamu lakukan dari DroidPoin berikut. (Baca: 11 Cara Mengatasi Android Lemot)

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.