via Google

Pada event Google I/O yang berlangsung tadi malam, Google meresmikan bahasa desain baru untuk Android dan Google menamainya sebagai “Material You”. Ini adalah kali kedua Google memberikan update besar di bahasa desain Android sejak tahun 2014 silam, yang mana kala itu bahasa desain Android mengarah ke arah yang lebih digital.

Jadi apa itu Material You?

Google menerangkan kalau Material You merupakan bahasa desain yang khusus dibuat untukmu, dimana fokusnya itu pada sektor tema (berwarna) dengan basis wallpaper – atau bisa dibilang “ekstraksi warna” yang disesuaikan dengan wallpaper yang kamu gunakan. Jadi dengan adanya Material You di Android 12, Google coba menghadirkan kombinasi warna yang menarik antara wallpaper yang saat itu kamu terapkan ke berbagai hal yang ada di Android 12 dan secara otomatis, OS Android 12 akan memutuskan rona warna seperti apa (di wallpaper) yang bagus untuk dijadikan warna dominan dan menerapkannya di semua layar Android, baik itu dibagian menu, pengaturan dan bahkan aplikasi pihak pertama.

Hasil akhirnya sangatlah memuaskan, dimana warna yang muncul sangatlah konsisten dan akan mengikuti ke mana pun kamu pergi — tersedia di semua sudut OS Android 12, dan tentu saja hal ini membuat ponsel Androidmu terasa lebih unik. Gak cuma itu, kamu juga akan memiliki kontrol yang lebih leluasa atas bentuk objek, dengan pilihan yang jauh lebih banyak daripada versi Android sebelumnya.

Seperti yang bisa kamu lihat, ada banyak sekali hal yang diubah oleh Google di Android 12 dan mungkin kamu juga telah menyadarinya dimana kini notification shade dan menu di quick action telah ditata ulang, lalu menu untuk Google Pay dan Kontrol Rumah sekarang akan ikut muncul di quick action, bukan di menu yang ada pada tombol power, karena menu tersebut akan digantikan untuk Google Asisten di Android 12.

Bukan cuma itu aja, semenjak Apple menghadirkan fitur widget di iOS, Google langsung panas dan mereka merespons dengan penyegaran desain widget pihak pertamanya, dan hal ini memang sangat diperlukan. Di Android 12 kamu akan melihat jam baru, widget cuaca baru, pintasan baru ke kontak yang sering digunakan, dan akses yang lebih mudah ke obrolan favorit kamu.

Itulah sekilas hal tentang Material You yang akan digunakan oleh Google di Android 12, untuk detailnya mari kita nantikan saja bersama ketika Android 12 diresmikan. Buat kamu yang masih penasaran, informasi lebih lanjut tentang bahasa desain yang akan hadir di Android 12, kamu bisa kunjungi blog Google dan informasi tentang Material You, kamu bisa cek link berikut.

So, gimana nih tanggapan kamu akan hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.