Home Editorial 5 Tips Memaksimalkan Fitur MIUI 7/8 di Xiaomi

5 Tips Memaksimalkan Fitur MIUI 7/8 di Xiaomi

Di setiap rom dari brand manapun, pastinya memilki beberapa fitur yang mungkin tidak berguna tetapi ada juga yang sangat bermanfaat namun seringkali tidak di sadari oleh penggunanya termasuk dari rom MIUI buatan Xiaomi.

Bahkan, sering kali menambahkan aplikasi pihak ketiga yang telah ada di ROM tersebut namun tidak digunakan atau mungkin tidak tahu sama sekali yang padahal akan membuat kinerja serta performa dari MIUI lebih maksimal.

Oleh karena itu, berikut ini 10 tips yang dapat memaksimalkan fitur dari MIUI 7/8 di device Xiaomi:

Mempercepat MIUI dengan Menonaktifkan Animasi

Mungkin ini bukan rahasia umum tetapi dengan menonaktifkan animasi, akan membuat kinerja MIUI menjadi lebih cepat. Untuk menonaktifkannya, kamu pergi ke menu Settings > Additional Settings > Battery & performance > System animation > Hide system animations > Reboot.

Gunakan Tombol Alternatif untuk Lock dan Unlock Screen MIUI

Bila tombol fisik power untuk lock dan unlock screen bermasalah, kamu dapat menggunakan beberapa shortcut untuk melakukan itu tanpa aplikasi tambahan.

Jadi untuk Lock screen, kamu dapat membuat shortcut dengan menambahkan widget di homescreen yakni usap layar homescreen sepert melakukan Zoom-in > Widget > Toggles > Lock atau bisa juga mengaksesnya di Toggles Button lalu pilih Lock.

Sedangkan untuk unlock screen bisa menggunakan tombol volume untuk melakukan itu dengan mengaturnya di menu Setting > Additional Settings > Buttons > Wake with Volume buttons.

Menampilkan Persentase Baterai di Status Bar

Ketika pertama kali menggunakan device Xiaomi, pastinya indikator baterai hanya menunjukkan warna dari ikon bar tersebut. Namun pengguna dapat menggantinya dengan menampilkam persentase dari penggunaan baterai tersebut di menu Settings > Additional Settings > Battery & Performance > Percentage.

Mengatur Autostart Aplikasi

Fitur inilah yang menjawab pertanyaan “Kok di Xiaomi setelah restart BBM harus dibuka dulu baru muncul notif?”, bila kamu mengalami hal yang sama berarti harus mengatur Autostart Apps terlebih dahulu yang mana ketika pertama kali device di aktifkan, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan dijalankan.

Untuk mengaturnya kamu dapat membuka aplikasi Security > Permission > Autostart > pilih aplikasi mana saja yang harus berjalan ketika device di aktifkan.

Menonaktifkan Device Secara otomatis

Tidak hanya kamu yang perlu tidur, device kesayangan kamu juga perlu diberikan waktu tidur yang bermanfaat untuk memperpanjang penggunaan daya baterai.

Jadi bila kamu tidur, ada baiknya untuk menonaktifkan device kamu juga tetapi bila kamu tidak terbiasa akan hal itu, kamu dapat menjadwalkan kapan device harus nonaktif dan kapa harus aktif kembali di menu Settings > Additional Settings > Battery & performance > Power > Schedule power on/off > sesuaikan waktu yang kamu inginkan lalu tekan tombol OK.

Menu alternatifnya juga dapat kamu akses di aplikasi Security > Battery. Tips satu ini dikategorikan optional, karena mungkin kamu juga harus standby dalam kondisi tertentu.

Masih ada banyak tips dan trik yang akan kita bagikan, jadi tunggu bagian berikutnya MiFans! 😉

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend | Use @Uray Febri if u need fast response on disscuss comment