Home Editorial 3 Hal yang Membuat Nokia Istimewa di Pasar Indonesia

3 Hal yang Membuat Nokia Istimewa di Pasar Indonesia

Nokia 2Nokia. Brand legendaris yang hampir setiap orang mengetahuinya. Tahun ini merupakan tahun yang besar bagi Nokia karena mereka siap terjun kembali ke tanah smartphone. Tidak hanya di luar sana, berita kembalinya Nokia juga menjadi pembicaraan banyak orang di tanah air. Meskipun ada banyak brand besar seperti Samsung, Xiaomi, Sony, Oppo, dan lain-lain, hanya nama Nokia yang seolah memiliki kekuatan magis di telinga. Selain pengalaman dan sejarah merajai pasar telepon genggam selama lebih dari satu dekade, berikut 3 hal yang membuat Nokia menjadi istimewa di pasar Indonesia.

 

1. Kualitas Produk yang Terjamin

Nokia 3

Kuat, tahan banting, tahan lama, mudah diperbaiki, jarang bermasalah, dan kamera kelas satu. Itu adalah kesan yang paling melekat bagi para pengguna ponsel Nokia. Karena memang itu adalah faktanya. Banyak pelanggan yang puas atas kokohnya desain Nokia. Bahkan saat ini saya memiliki Nokia 6500 Classic dan Nokia X3-00 yang masih berjalan normal. Padahal saya sempat mematikan ponsel tersebut hampir 2 tahun, dan ternyata tidak ada kendala apapun baik segi hardware maupun baterai.

Lantas, apakah Nokia 6 juga sama kuatnya? Lihat saja video ini.

2. Service Center Dimana-mana

Garansi Nokia

Sebelum Nokia dibeli oleh Microsoft, service center Nokia adalah terkenal yang terbaik. Bahkan melebihi Apple. Selain itu, di Indonesia, hanya Nokia saja yang memiliki service center resmi hingga ke daerah-daerah. Di masa itu, tidak ada yang meragukan masalah aftersales dari produk Nokia. Jatuh? LCD Pecah? Selow, bawa aja ke NCC, tuh di jalan xxx.

Namun, perlu diingat, service center yang dimana-mana ini kini telah mengalami banyak perubahan termasuk masalah kepemilikan sejak dibelinya Nokia dari Microsoft. Jadi, belum tentu Nokia generasi android 2017 akan menikmati mudahnya mencari tempat service.

 

3. Cinta Pertama

Nokia

Jika ditanya, ponsel apa yang pertama kamu miliki. Mayoritas akan menjawab Nokia. Apakah hanya di Indonesia? Tidak. Namun hampir di seluruh kawasan Asia dan Eropa. Karena Nokia adalah yang pertama memopulerkan teknologi GSM. Banyak para orang yang pertama kali mengakses internet melalui GPRS dan HSDPA melalui ponsel Nokia. Banyak hal yang pertama kali dilakukan dengan Nokia. Itulah yang membuatnya paling istimewa dan tak terlupakan. Bahkan bagi beberapa orang, Nokia adalah pintu pertama ketika menjejakkan dunia teknologi.

Apakah Nokia sempurna? Tidak, bahkan banyak desain milik mereka yang gagal di masa lalu karena dinilai terlalu eksentrik. Namun kegagalan-kegagalan tersebut dibayar dengan beberapa desain yang sukses dan mencatat berbagai rekor penjualan.

Akan tetapi, tidak ada yang abadi, semuanya suatu saat akan berakhir dan digantikan.ย Nokia jatuh dan gagal bersaing karena tidak mengusung OS smartphone populer. Padahal marketing Nokia saat memakai Windows Phone cukup gila-gilaan. Terlebih, Apple sampai ikut-ikut mengikuti tren smartphone colorful ala Lumia.

Nah, apakah tahun ini Nokia akan kembali mengukirkan namanya sebagai top brand smartphone? Jangan lupa bagikan juga pendapat dan pengalamanmu dengan Nokia yak! ๐Ÿ™‚

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.