Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika pengembangan Telegram lebih cepat 10x jika dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya. Pada update terbaru ini, Telegram kembali membuat sebuah pembaruan yang cukup menarik perhatian dimaman mereka sedang menguji fitur screen sharing tool pada aplikasi Telegram beta.

Baca Juga:

Perubahan-Perubahan yang Dibawa di Telegram Beta

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Telegram sudah menguji fitur screen sharing tool di Telegram beta, tetapi sepertinya masih ada tambahan fitur yang juga sama menariknya dengan fitur screen sharing. Salah satu fitur barunya adalah kecepatan pemutaran video, clear history dan video messages.

Mempercepat dan Memperlambat Video

Seperti yang dilansir dari situs Testing Catalog via androidpolice, pada Telegram beta v7.9.0 telah menambahkan speed control ketika memainkan sebuah video. Fitur akan berfungksi untuk video lokal yang dibagikan melalui aplikasi dan tautan video seperti YouTube contohnya.

Kamu harus terlebih dahulu mengetuk tombol overflow di bagian kanan atas untuk bisa mencoba fiturnya, lalu kamu tinggal memilih berbagai kecepatan mulai dari 0.2x, 0.5x, 1x, 1.5x, dan 2x, meskipun pilihannya masih terbatas dan tidak luas tetapi fitur ini akan sangat sesuai bagi kita untuk mempercepat ataupun memperlambat sebuah video.

Screen Sharing

Opsi baru ini bermanfaat untuk membagikan layar kamu selama panggilan video 1-on-1, cuma fitur sepertinya letaknya cukup tersembunyi dan selama pengetesan yang dilakukan Testing Catalog reliability dari fitur ini tidak terlalu bagus dimana dalam 5 kali percobaan fitur ini hanya berhasil bekerja 1 kali saja.

Saat kamu melakukan panggilan video dengan seseorang, kamu dapat memulai berbagi layar dengan terlebih dahulu menghentikan video saat ini (tombol putaran ke-2 dari kiri), lalu kamu mengetuknya sekali lagi untuk memulai berbagi layar lagi. Nantinya layar yang akan muncul dengan tiga opsi di bagian bawah yaitu Phone Screen, Front Camera, dan Back Camera.

Ketika kamu memilih yang pertama maka Android akan memunculkan pesan perekaman/casting layar secara biasa. Mulai dari situ, jika semua berjalan dengan baik, maka ikon tombol cast berwarna merah akan muncul di status bar atas, sementara layar kamu akan dikirim ke lawan bicara kamu.

Jika misalnya pemberitahuan cast merah ini tidak muncul berarti fitur tersebut gagal, dan kamu harus mencobanya mulai dari awal lagi. Makanya, kestabilan fitur ini masihlah sangat rentan dan mungkin dalam beberapa update kedepan, akan ada berbagai perbaikan yang dilakukan oleh Telegram.

Clear History and Video Messages

Sebuah penambahan minor hadir di Telegram 7.9.0 beta ini adalah opsi baru untuk menghapus riwayat obrolan saat lebih dari satu bulan (sebelumnya terlama hanya satu minggu) dan ditambah kemampuan untuk menampilkan preview pesan video seperti video biasa saat kamu gulir ke atas maupun kebawah.

Salah satu tambahan informasi, pesan video adalah sebuah video pesan instan yang dikirim saat kamu mengalihkan tombol catatan audio ke tombol video di bagian kanan bawah aplikasi Telegram.

Mungkin itu informasi mengenai beberapa update di Telegram beta, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.