YouTube bisa dibilang merupakan sumber yang bagus dan sempurna untuk video yang bersifak informatif maupun untuk tutorial. Akan tetapi terkadang sangat sulit untuk sekedar menemukan poin bahasan dari sebuah video yang ingin kamu pelajari. Dengan update YouTube ini, tentu akan mempermudah navigasi video serta kamu dapat dengan mudah menemukan “video chapter” langsung dari hasil penelusuran YouTube.

Baca Juga:

Penyempurnaan Pada Fitur Penelusuran di YouTube

Seperti yang dilansir dari YouTube blog, YouTube telah menampilkan postingan lengkap yang membahas fitur-fitur baru yang akan hadir di platform video sharing terpopuler tersebut. Salah satu fitur yang paling menarik perhatian adalah halaman hasil penelusuran yang telah di-“revamp”, halaman baru ini akan menampilkan chapter-chapter dalam video di halaman penelusuran itu sendiri.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu chapter, bisa dibilang chapter adalah segmen video yang telah ditentukan oleh pengunggah. Hal itu adalah sebuah cara praktis untuk menavigasi video tanpa perlu mengklik di sekitar garis waktu untuk menemukan bagian yang kamu inginkan. Misalnya, kalau ada seseorang yang mengulas atau mereview item dalam satu video, mereka dapat membuah chapter untuk tiap poin reviewnya. Dengan begitu viewer dapat melihat setiap chapter di timeline dan mengklik produk yang ingin mereka lihat.

Sebelumnya, kamu tidak dapat melihat apakah video memiliki chapter dalam hasil penelusuran. Jika kamu ingin melompat ke bagian tertentu dalam video, kamu hanya perlu mengeklik hasil penelusuran dan berharap jika pengunggah menambahkan chapter di dalam video mereka maka kamu mengakses hal tersebut langsung di dalam timeline.

Nah, pada update ini, kamu tinggal gulir saja hasil pencaraian seperti biasa, lalu YouTube akan menunjukkan kepada kamu jika video telah disisipkan chapter di dalamnya. Selain itu, ini akan memberi tahu kamu berapa banyak chapter yang dimiliki video bersamaan dengan judul, timestamp, dan thumbnail di setiap chapternya. Jadi, jika vide menggunakan banyak chapter kamu tinggal menggulirnya untuk menemukan hasil yang diinginkan.

Tidak hanya itu saja, untuk aplikasi mobile YouTube juga akan mulai memutar video secara otomati di hasil pencarian, sehingga kamu dapat melihat apakah video tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak. Selain itu, jika ada video yang memiliki subtitle lengkap dalam bahasa kita juga akan muncul secara otomatis, meskipun konten tersebut mempunyai bahasa yang sama sekali berbeda.

Wajah Baru dari YouTube

Tidak bisa dipungkiri jika YouTube selalu berupaya untuk membuat platformnya menjadi lebih baik dalam setiap waktu. Sekarang beberapa fitur telah ditambahkan ke dalamnya mulai dari fitur chapter di penelusuran, dan juga fitur autoplay di YouTube versi mobile. Salah satu yang mungkin mencuri perhatian dari perubahan YouTube adalah dimana YouTube mulai bereksperiman dengan menyembunyikan jumlah ketidaksukaan sepenuhnya.

Oke itu tadi berita seputar media streaming YouTube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.